Tom Lembong Ungkap Penyesalan: “Nyesel Yang Lumayan Besar Karena Saya Pernah Menjadi Bagian dari Pemerintah”

oleh -
Editor: Ardiansyah
Thomas Trikasih Lembong atau yang akrab disapa Tom Lembong. Foto: Detik/Tina S.
Thomas Trikasih Lembong atau yang akrab disapa Tom Lembong. Foto: Detik/Tina S.

BorneoFlash.com, BALI – Tom Lembong ungkapkan penyesalannya yang pernah menjadi bagian dari pemerintah. 

 

Co-Captain Tim Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) mengakui saat itu banyak strategi yang dilakukannya belum membuahkan hasil.

 

Thomas Trikasih Lembong punya rekam jejak sebagai menteri di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, tepatnya di Kabinet Kerja 2014-2019. 

 

Kala itu, Tom menduduki posisi Menteri Perdagangan (Mendag) dari 12 Agustus 2015 hingga 27 Juli 2016 dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sejak 27 Juli 2016 hingga 23 Oktober 2019.

 

“Semakin mendalami data-data ekonomi, saya ini benar-benar sedih banget. Sedih banget, prihatin banget. Dan saya punya rasa sesal, nyesel yang lumayan besar karena saya pernah menjadi bagian dari pemerintah,” kata Tom Lembong, dalam diskusi “Pemuda Harsa: Bangga Bicara” di On3 Senayan, GBK, Jakarta, pada Jumat (9/2/2024) malam, dikutip dari detikFinance.

 

“Termasuk di saat-saat kami menjalankan strategi yang menurut data yang saya lihat, rada-rada tidak berhasil. Kalau mau lebih keras lagi, ya banyak gagal,” ucapnya.

 

Menurutnya, salah satu bentuk kegagalan yang dimaksud ialah Pemerintah RI tidak dapat mengatasi kondisi di mana dalam 10 tahun terakhir jumlah kelas menengah di Indonesia tidak mengalami perkembangan signifikan.

 

Lebih lanjut, ia pun memaparkan data yang menurutnya lebih akurat dan representatif dengan realita dibandingkan hanya sekadar data pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam Produk Domestik Bruto (PDB). Ia pun memaparkan tentang data penjualan sepeda motor.

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.