Grup Pertamina Hulu Indonesia Borong 11 Penghargaan Subroto Tahun 2023 Bidang Efisiensi Energi

oleh -
Editor: Ardiansyah
PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) Grup berhasil meraih 11 Penghargaan Subroto Tahun 2023 Bidang Efisiensi Energi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM). Foto: HO/PHI.
PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) Grup berhasil meraih 11 Penghargaan Subroto Tahun 2023 Bidang Efisiensi Energi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM). Foto: HO/PHI.

Sementara itu, PEP Sangatta Field – Lapangan Semberah meraih penghargaan atas inovasi Peningkatan kinerja energi pada indirect heater melalui metode penggantian Dihydrogen Monoksida menjadi Mono Ethylene Glyco l di PT Pertamina EP Sangatta Field – Lapangan Semberah.

 

Inovasi di PEP Sangasanga Field juga meraih penghargaan dengan 2 judul program, yaitu Pengurangan Energi, Penurunan Emisi dan Peningkatan Umur Produksi Sumur Minyak dengan Robot Inspeksi Ketebalan Pipa (No. Paten IDS000004710) dan Metode Prediksi Kerusakan Pipa produksi (No. Paten IDS000004732) di Field Sangasanga, dan Penggunaan On Trailer untuk mengurangi Non-Productive Time Rig dan menurunkan Emisi CO2 menggunakan On Trailer. 

 

Sementara itu, PEP Tarakan Field mendapatkan penghargaan dari inovasi bertajuk Inovasi GEMPI (Green Environmental Mobile oil Pump Installation ) melalui penggunaan pompa berdaya rendah dan panel surya untuk mengaktifkan kembali sumur minyak tua di Struktur Pamusian, Pertamina Tarakan Field; PEP Sangatta Field dengan inovasi Peningkatan kinerja energi dengan modifikasi plunger untuk penyesuaian potensi sumur; PEP Bunyu Field dengan inovasi Efisiensi energi dari pengurangan waktu analisa sampel fluida sumur dengan menggunakan alat Centrifuge Portable “Legend” di PT Pertamina EP Field Bunyu.

 

Selain itu, PHKT Daerah Operasi Bagian Utara (DOBU) berhasil meraih penghargaan atas inovasi berupa Peningkatan kinerja energi dan pencegahan kehilangan produksi pada Unit Gas Turbine Compressor C-40 melalui penerapan METODE SILOS (Separation Improvement & Lube Oil Surveillance) di Lapangan Serang; dan PHM dengan Peningkatan produksi dan kinerja energi melalui desain dan implementasi teknologi Swamp Monopod Platform (SMP) di PT Pertamina Hulu Mahakam Lapangan Tunu. 

 

“Kami percaya bahwa keberlanjutan operasi dan bisnis Perusahaan bergantung pada kemampuan kita berkolaborasi dan bersinergi dalam mendukung penggunaan energi yang semakin efisien, mengurangi emisi karbon, dan memanfaatkan energi baru dan terbarukan,” katanya.

Baca Juga :  HKGB ke 71, Bhayangkari Kaltim Gelar Jalan Santai dan Bazar UMKM 

 

PT PHI merupakan bagian Subholding Upstream Pertamina yang mengelola operasi dan bisnis hulu migas sesuai prinsip ESG (Environment, Social, Governance) di Regional 3 Kalimantan. Tahun 2022 lalu, melalui anak perusahaan dan afiliasinya, PHI mencatatkan produksi minyak sebesar 57,8 ribu barel minyak per hari (MBOPD) produksi gas sebesar 668,3 juta standar kaki kubik gas per hari (MMSCFD). 

 

Dalam mencapai visinya menjadi perusahaan migas kelas dunia, PHI terus melakukan beragam inovasi dan aplikasi teknologi dalam menghasilkan energi yang selamat, efisien, handal, patuh, dan ramah lingkungan untuk mendukung #EnergiKalimantanUntukIndonesia. PHI berkantor pusat di Jakarta. (*)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.