Ini Dia! 5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah Second

oleh -
Editor: Ardiansyah
Ini Dia! 5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah Second
Ini Dia! 5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah Second

BorneoFlash.com, Tips Property – Jika sedang mempertimbangkan untuk membeli rumah, mungkin tergoda untuk memilih rumah second yang harganya lebih terjangkau.

Namun, sebelum membeli rumah second memiliki risiko yang harus diperhatikan.

Berikut 5 hal yang dipertimbangkan sebelum membeli rumah second:

1. Memeriksa kondisi fisik rumah

Sebelum membeli rumah second, Anda perlu memeriksa kondisi fisik rumah tersebut. Periksa apakah ada kerusakan pada struktur bangunan, seperti atap bocor atau retak pada dinding. Periksa juga sistem listrik dan plumbing untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Jika Anda tidak yakin, sebaiknya memanggil seorang inspektur rumah untuk memeriksa kondisi rumah secara menyeluruh.

2. Mengecek legalitas dokumen

Pastikan Anda memeriksa legalitas dokumen rumah second sebelum membelinya. Anda harus memastikan bahwa semua dokumen, seperti sertifikat tanah dan izin bangunan, lengkap dan sah. Hal ini akan mencegah masalah hukum di kemudian hari.

3. Mengetahui sejarah perbaikan dan renovasi

Tanyakan sejarah perbaikan dan renovasi rumah second pada penjual. Penting untuk mengetahui kerusakan yang terjadi dan cara mengatasinya.

4. Mengetahui lokasi dan lingkungan sekitar

Sebelum membeli rumah second, perhatikanlah juga lokasi dan lingkungan sekitar rumah dengan teliti. Pastikan rumah berada di lokasi yang strategis dan aman. Jika Anda memiliki anak-anak, pastikan juga bahwa ada sekolah dan taman bermain di dekat rumah tersebut.

5. Menyesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan

Sebelum membeli rumah second, pastikan bahwa harga rumah tersebut sesuai dengan anggaran Anda. Selain itu, pastikan juga bahwa rumah tersebut memenuhi kebutuhan Anda. Jika Anda membutuhkan tiga kamar tidur, pastikan rumah tersebut memiliki tiga kamar tidur yang memadai.

Sebelum memutuskan membeli, perlu dipertimbangkan risiko yang pembelian rumah second. Pastikan memeriksa kondisi fisik rumah, legalitas dokumen, sejarah perbaikan dan renovasi, lokasi dan lingkungan sekitar, serta menyesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan. Dengan melakukan pengecekan yang teliti, dapat meminimalkan risiko dan membeli rumah second yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga :  Pabrik Smelter Nikel Matte Pertama di Kaltim dan Peran Nikel Bagi Kehidupan

dari beberapa hal di atas harus di pahami ketika sedang membeli rumah anda wajib memperhatikan berbagai macam faktor faktor dalam membeli rumah second anda dapat lebih baik mempertimbangkan sebelum membeli rumah.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.