Ramadhan Momentum Memperkuat Loyalitas

oleh -
Editor: Ardiansyah
Kasrani Latief, Ketua Pokja Literasi Kabupaten Paser. Foto: DOK Pribadi.
Kasrani Latief, Ketua Pokja Literasi Kabupaten Paser. Foto: DOK Pribadi.

BorneoFlash.com – Loyalitas adalah kata benda dari kata sifat loyal. Loyal sendiri berarti setia, sedangkan loyalitas berarti kesetiaan. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), loyalitas adalah kepatuhan atau kesetiaan. Sementara itu, menurut Kamus Merriam Webster, loyalitas adalah kualitas, keadaan, atau contoh dari kesetiaan. Cambridge Dictionary menyebutkan, loyalitas adalah kualitas menjadi loyal.

Loyal adalah kata benda dari sifat tegas dan tidak berubah dalam bersahabat atau mendukung orang atau organisasi. Loyal adalah perwujudan dari sifat setia yang selalu memberikan bantuan dan dorongan.

Dikutip dari Britannica, loyalitas adalah istilah umum yang menunjukkan pengabdian seseorang atau sentimen keterikatan pada objek tertentu. Loyalitas adalah kata beda dari sifat setia yang melekat pada sesuatu, seperti negara, perusahaan, teman, kekasih, klub sepak bola yang didukung, dan sebagainya.

Loyalitas adalah sifat setia yang diwujudkan dalam berbagai macam bentuk tindakan, seperti menepati janji, memberikan dukungan secara penuh, dan menjaga komitmen. Dengan kata lain, loyalitas adalah lawan kata dari pengkhianatan. Sebab, pengkhianatan memiliki komponen makna yang berkebalikan dari loyalitas.

Menurut KBBI, khianat adalah perbuatan tidak setia, tipu daya, perbuatan yang bertentangan dengan janji. Sementara itu, pengkhianatan adalah proses, cara, perbuatan berkhianat atau mengkhianati. 

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.