Antisipasi Covid 19, Penumpang Lakukan Tes Antigen Acak di Bandara SAMS Sepinggan   

oleh -
Antisipasi Covid 19, Penumpang Lakukan Tes Antigen Acak di Bandara SAMS Sepinggan
Teks foto: Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud melaksanakan tes antigen acak di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Sabtu (7/5/2022). 

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Dalam rangka antisipasi penyebaran COVID-19 di masa mudik lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah bagi para Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN).

Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan bersama Forkopimda melaksanakan tes acak antigen di pintu kedatangan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan bagi penumpang tujuan akhir Balikpapan, Sabtu (7/5/2022).

Salah seorang penumpang yang mengikuti tes antigen acak Adi Sukma sangat mendukung kegiatan ini, karena untuk mengantisipasi sejak dini penumpang yang terjangkit COVID 19 tanpa gejala tapi lolos. “Skrining ini sangat bagus. Lebih dini mengantisipasi wabah COVID 19 yang masuk ke Balikpapan yang sekarang sudah rendah. Jangan sampai setelah lebaran naik lagi,” ucap pria asli warga Yogyakarta. 

Selaras dengan seorang penumpang pesawat dari medan ke Balikpapan Muhamad Ridwan mendukung pelaksanaan tes antigen acak ini. Sehingga kasus COVID 19 di Kota Balikpapan menjadi endemi. “Pelaksanaan tes antigen acak ini sangat baik dilakukan,” ujar pria yang bekerja di salah satu perusahaan terbesar di Kota Balikpapan. 

Dalam pelaksanaan tes antigen acak di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan ditinjau langsung oleh Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud mengatakan, bahwa pelaksanaan ini sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) minimal 90 sampel.

“Kita hari ini siapkan lebih dari 100 sample Mudahan tidak ada yang positif, semua negatif. Kita lakukan ini bagian dari ikhtiar, untuk memutus dan mencegah penyebaran COVID 19 di Indonesia khususnya di Kota Balikpapan,” ujar Wali Kota Balikpapan. 

Apalagi Balikpapan sebagai pintu gerbang Kalimantan Timur dan sebagai penyanggah Ibu Kota Negara (IKN), perlu adanya kewaspadaan kondisi penyebaran COVID-19. Artinya saat warga kembali lagi ke Balikpapan seusai mudik lebaran harus benar terbebas dari COVID-19.

Rahmad mengatakan, kasus Covid 19 di Kota Balikpapan sudah sangat melandai, hanya masih ditemukan satu hingga dua orang saja yang saat ini dalam proses penyembuhan.

Baca Juga :  Tekan Angka Stunting, IIDI Balikpapan dan Rumah Zakat Serahkan Bantuan Kepada Pemkot

“Mudah-mudahan dalam minggu ini kasus nol. Jadi keuntungan buat kita, semua masyarakat Balikpapan merasa aman dan nyaman tidak ada pembatasan dalam beraktivitas lagi,” paparnya. 

Rahmad Mas’ud memberikan apresiasi kepada Forkopimda, DKK Balikpapan bersama dengan sejumlah stakeholder yang telah melaksanakan instruksi Mendagri dengan melaksanakan tes antigen acak selama arus balik libur lebaran tahun 2022 ini.

Pelaksanaan tes antigen acak ini akan dilakukan di pintu-pintu masuk ke Kota Balikpapan seperti Bandara Sepinggan dan Pelabuhan Semayang. 

Saat ini Kota Balikpapan statusnya berada pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 hingga 9 Mei mendatang. ” Mudah-mudahan kondisi ini tetap stabil, sehingga Balikpapan bisa turun menjadi PPKM level I lagi,” harapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan dr Andi Sri Juliarty menyampaikan, petugas kesehatan yang terlibat dalam pelaksanaan tes antigen di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan yakni Dinas Kesehatan, Palang Merah Indonesia (PMI), Kesehatan Pelabuhan dan Lanud Dhomber. “Pelaksanaan ini sesuai dengan instruksi Mendagri,” pungkasnya.(*)

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.