Puasa Momen Menurunkan Berat Badan

oleh -
Ilustrasi.
Ilustrasi.

BorneoFlash.com – Umat Muslim di Indonesia sedang melaksanakan Ibadah Puasa. Berpuasa pun tidak sekadar menjadi ibadah semata, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan.

Salah satunya dapat membantu menurunkan berat badan. Namun dengan syarat atau tata cara tertentu. Seperti apa? Berikut informasi lengkapnya:

1. Minum Air Putih

Studi menunjukkan air minum dapat meningkatkan penurunan berat badan terlepas dari diet dan aktivitas. Jadi meskipun di bulan puasa, tetaplah terhidrasi dengan minum air putih yang cukup selama sahur dan berbuka.

Setidaknya, minumlah delapan gelas air per hari untuk mencegah dehidrasi. Selain itu, sebaiknya hindari minuman berkafein seperti kopi dan teh karena bersifat diuretik dan membuat tubuh kehilangan lebih banyak air.

2. Makan sahur yang sehat

Makan sahur harus dalam porsi besar dan mengenyangkan namun tetap sehat untuk menyediakan energi yang cukup sepanjang hari. Jadi, konsumsilah makanan seimbang dengan karbohidrat kompleks dan protein.

Kombinasi ini membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan memastikan kadar glukosa dalam darah stabil, sehingga Anda tidak terlalu lapar di siang hari.

3. Batasi makanan tinggi gula dan garam

Studi menunjukkan membatasi garam makanan menyebabkan penurunan berat badan yang cepat. Jadi sebaiknya, Anda menghindari konsumsi makanan dengan kandungan tinggi garam.

Sebab makanan tinggi garam justru dapat menambah berat badan. Hindari juga mengkonsumsi makanan dan minuman manis yang membuat Anda merasa lapar lebih cepat.

4. Berbuka puasa secara perlahan-lahan

Buka puasa adalah momen yang ditunggu-tunggu. Namun meski begitu, tetaplah menahan diri saat berbuka puasa dan makan serta minumlah perlahan-lahan.

Pilihlah makanan yang berserat tinggi dan mengandung gula alami seperti kurma, yang membantu mengisi kembali energi yang hilang selama berjam-jam puasa.

Baca Juga :  SMSI Pusat Desak Polisi Usut Kasus Penganiayaan Ketua SMSI Madina Terkait Pemberitaan  

Setelah itu, barulah beralih ke makanan yang mudah dicerna seperti sup dan salad. Kemudian, beralihlah ke makanan utama dengan porsi yang tepat, seimbang dengan karbohidrat dan protein, dan hindari makanan yang digoreng atau berlemak dengan kandungan kalori tinggi.

5. Berolahraga

Terakhir adalah berolahraga. Ya, meskipun Anda mungkin sudah mengonsumsi lebih sedikit kalori saat berpuasa, tetapi jangan bermalas-malasan selama Ramadhan.

Tetaplah olahraga secara rutin untuk membantu menjaga berat badan dan gaya hidup sehat dengan membakar kelebihan lemak tubuh dan mempertahankan massa otot.

(BorneoFlash.com/Berbagai Sumber)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135