UKM Desa Kabupaten Paser, Miliki Banyak Potensi dan Diperlukan Galeri Pemasaran

oleh -
Ahmad Saudani, Kepala Bidang Perekonomian Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Paser. Foto : HO

Borneoflash.com, TANA PASER – Usaha Kecil Menengah (UKM) di setiap desa memiliki Potensi untuk dikelola oleh masyarakat Kabupaten Paser. Sabtu, (16/01/2021). 

Hal itu diungkapkan oleh Ahmad Saudani sebagai Kepala Bidang (Kabid) Perekonomian Desa dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Paser. 

Menurutnya, di Kabupaten Paser ini ada banyak UKM yang perlu perhatian dari Pemerintah. 

“Kami sudah melakukan pembinaan bagi setiap desa yang ada di Kabupaten Paser ini dengan berbagai macam potensi yang bisa dikembangkan dan dikelola oleh masyarakat,” jelasnya. 

Ada beberapa desa yang mengikutsertakan produknya dalam perlombaan, diantaranya produk Kerupuk Kelor desa Kendarom Kuaro, Gula Aren Sawit dari desa Tajer Mulya Kec. Long Ikis. 

“Sudah banyak produk yang dihasilkan dari UKM masyarakat desa, namun terkendala dari segi alat produksi dimana tidak memungkinkan untuk memproduksi banyak, namun dari sisi SDM sudah siap untuk itu,” tandasnya. 

Sejauh ini lanjutnya, UKM yang ada di setiap desa sudah cukup mumpuni dari faktor SDM, namun kendalanya dari segi pengadaan alat. 

Selain terkendala alat menurutnya, dari segi pemasaran juga perlu disediakan galeri untuk menampung produk-produk UKM yang ada di Kabupaten Paser. 

“Galeri untuk pemasaran produk UKM juga perlu disediakan di beberapa titik strategis, karena sampai sekarang Kabupaten Paser tidak memiliki pusat oleh-oleh khas wilayah,” pungkasnya. 

Saudani menjelaskan, DPMD Paser dalam rangka peningkatan saat ini melalui 2 lembaga, meliputi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantekdes). (*)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.