Disdikbud Perkuat Sistem Jaringan Sekolah Se Balikpapan, Persiapan Jelang PPDB Tahun 2024

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Laman pendaftaran PPDB jenjang SD dan SMP Balikpapan tahun 2023 Lalu. Foto: HO/balikpapan.siap-ppdb.com
Laman pendaftaran PPDB jenjang SD dan SMP Balikpapan tahun 2023 Lalu. Foto: HO/balikpapan.siap-ppdb.com

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan, saat ini melakukan penguatan sistem jaringan, untuk pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2024 di Kota Balikpapan.

 

PPDB Kota Balikpapan akan dibuka secara online pada bulan Juli 2024 mendatang. Secara Petunjuk Teknis (Juknis), pelaksanaan PPDB Kota Balikpapan sudah siap.

 

“Mudah-mudahan lancar, kalau jaringan down menjadi masalah besar. Seluruh sekolah saat ini sedang penguatan sistem jaringan. Seluruh Kepala Sekolah sudah menandatangani kontraknya.,” jelasnya kepada media di Balai Kota Balikpapan, pada hari Selasa (28/5/2024).

 

Pasalnya, jaringan merupakan poin penting saat pelaksanaan PPDB secara online, sehingga  jaringan tidak boleh down. “Kita kerja sama dengan PT Telkom, karena aplikasi PPDB itu milik Telkom. Alhamdulillah tahun lalu aman. Tahun ini sementara menyiapkan itu,” katanya.

 

PPDB Tahun 2024 tingkat Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kota Balikpapan, belum bisa menampung jumlah kelulusan peserta didik tingkat SD dan SMP Negeri Balikpapan masih belum mengatasi. Meskipun, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan sudah membangun beberapa sekolah negeri.

 

Tahun ini, peserta didik yang lulus SD sebanyak 14-15 ribu sedangkan SMP berjumlah 8-9 ribu. Kemampuan daya tampung sekolah tingkat SD dan SMP Negeri Balikpapan  masing-masing berjumlah 9 ribu.

 

“Jumlah sekolah negeri kita dengan siswa siswi yang masuk tidak berbanding lurus. Tapi jika kita  gabungkan seluruh sekolah baik negeri dan swasta, maka bisa tertampung, karena penyebaran sekolah kita tidak merata,” paparnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan, Irfan Taufik. Foto: BorneoFlash/Niken Sulastri
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan, Irfan Taufik. Foto: BorneoFlash/Niken Sulastri

Tercatat SDN di Kota Balikpapan berjumlah 137 sekolah dan SMPN berjumlah 26 sekolah. Apabila peserta didik mendaftarkan ke SDN dan SMPN, tentunya tidak dapat tertampung. “Kalau semua ke negeri ya tidak bisa, harus ada yang ke sekolah swasta,” jelas Irfan.

Baca Juga :  Air Mata Oki Setiana Dewi Luruh, Ketika Bayinya Tak Bisa Menangis Saat Lahir, Ada Apa?

 

Pemkot Balikpapan masih memberikan bantuan ke sekolah baik sekolah negeri dan swasta seperti halnya seragam sekolah, bantuan subsidi SPP dan bantuan lainnya, sesuai dengan program prioritas Wali Kota Balikpapan H.Rahmad Mas’ud dibidang pendidikan.

 

Oleh karena peserta didik baru tidak perlu khawatir jika tidak bisa diterima di SDN dan SMPN, karena Pemkot Balikpapan memberikan bantuan subsidi. (Adv)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.