Resmikan Gedung Hemodialisis di RSUD Ratu Aji Putri Botung, Pj Bupati PPU: Tidak Perlu Lagi ke Balikpapan

oleh -
Editor: Ardiansyah
Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun meresmikan Gedung Hemodialisis, di RSUD Ratu Aji Putri Botung, Senin (13/5/2024). Foto: IST/DiskominfoPPU
Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun meresmikan Gedung Hemodialisis, di RSUD Ratu Aji Putri Botung, Senin (13/5/2024). Foto: IST/DiskominfoPPU

BorneoFlash.com, PENAJAM – Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun meresmikan Gedung Hemodialisis, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung (RAPB), pada Senin (13/5/2024).

 

Makmur Marbun mengatakan bahwa pembangunan Gedung Hemodialisis ini merupakan langkah inisiatif yang sangat baik bagi masyarakat yang tinggal di wilayah PPU.

 

Sehingga menurutnya, masyarakat sekitar tidak perlu lagi ke luar daerah untuk melakukan cuci darah. 

 

“Masyarakat Penajam Paser Utara dalam menjalani pengobatan cuci darah secara rutin sebelumnya hanya tersedia di Balikpapan, memaksa mereka untuk mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk akomodasi,” katanya. 

 

Untuk itu, ia mendorong manajemen agar pelayanan kesehatan di RSUD RAPB ini dapat ditingkatkan kualitasnya untuk masyarakat PPU. 

 

Dengan adanya gedung ini lanjutnya, masyarakat Penajam Paser Utara dapat memanfaatkan fasilitas pelayanan Hemodialisis atau cuci darah dengan nyaman dan maksimal. 

 

“Utamakan pelayanan prima kepada semua pasien yang datang, jangan pilih-pilih, soal pelayanan semua harus sama,” ucapnya. 

 

Sementara itu, Direktur RSUD Ratu Aji Putri Botung, Lukasiawan Eddy Saputro mengatakan, pembangunan Gedung Hemodialisis menggunakan anggaran pihak ketiga. 

 

Pihak ketiga tersebut lanjutnya, membangun gedung dan akan melengkapi fasilitas pendukung termasuk alat cuci darah. 

 

“Jadi yang bangun ini pihak ketiga bukan anggaran kami termasuk mereka melengkapi fasilitasnya,” katanya.

 

Hemodialisis merupakan perawatan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup pengidap gagal ginjal, namun tidak bisa menyembuhkan gagal ginjal. 

 

Hemodialisis dibutuhkan oleh pasien yang mengidap penyakit jantung kronis, atau gagal ginjal. Disamping itu, dokter juga akan melakukan hemodialisis apabila tes laboratorium menunjukkan bahwa pasien perlu menjalaninya.

Baca Juga :  Golkar Kubar Daftarkan Bacaleg Pemilu 2024, Optimis Target 7 Kursi DPRD

 

Cuci darah atau hemodialisis adalah prosedur perawatan untuk menyaring limbah dan air dari darah, sama halnya seperti fungsi ginjal dalam tubuh. Sehingga prosedur ini bisa disebut sebagai pengganti ginjal yang sudah rusak. (Adv/*DiskominfoPPU)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.