Korea Utara Tembakkan Rudal Jelajah dari Kapal Selam

oleh -
Editor: Ardiansyah
Korea Utara menembakkan beberapa rudal jelajah. Foto: KCNA via REUTERS
Korea Utara menembakkan beberapa rudal jelajah. Foto: KCNA via REUTERS

BorneoFlash.com – Militer Seoul, Korea Selatan mengungkapkan bahwa Korea Utara menembakkan beberapa rudal jelajah yang diklaim meningkatkan ketegangan di negara tersebut, Minggu (28/1/2024).

 

Tembakan tersebut dilakukan setelah Pyongyang yang menembakkan beberapa rudal jelajah ke Laut Kuning beberapa hari lalu. Tembakan itu juga dinilai sebagai uji coba pertama rudal jelajah strategis generasi baru.

 

Adapun, Pyongyang, Korea Utara telah mempercepat pengujian senjata pada tahun 2024 ini, termasuk pengujian apa yang disebutnya “sistem senjata nuklir bawah air” dan rudal balistik hipersonik berbahan bakar padat.

 

“Militer kami mendeteksi beberapa rudal jelajah tak dikenal yang ditembakkan di dekat perairan sekitar wilayah Sinpo Korea Utara pada pukul 8 pagi (2300 GMT) hari ini,” kata Kepala Staf Gabungan dalam sebuah pernyataan,dilansir Channel News Asia, Minggu (28/1/2024).

 

Dia mengatakan peluncuran tersebut sedang dianalisis oleh otoritas intelijen Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS), dan menambahkan bahwa pihaknya memantau dengan cermat pergerakan dan aktivitas tambahan Korea Utara.

 

Walaupun berbeda dengan uji coba rudal balistik, pengujian rudal jelajah tidak dilarang berdasarkan sanksi PBB terhadap Pyongyang saat ini.

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.