Peringatan Harhubnas 2024 Angkat Tema Transportasi Maju, Nusantara Baru, Ini Harapannya

by -
Writer: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Walikota Balikpapan H. Rahmad Mas'ud saat memimpin upacara peringatan Harhubnas Tahun 2024, di Halaman Balai Kota Balikpapan, pada hari Selasa, 17 September 2024. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri
Wali kota Balikpapan H. Rahmad Mas'ud saat memimpin upacara peringatan Harhubnas Tahun 2024, di Halaman Balai Kota Balikpapan, pada hari Selasa, 17 September 2024. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2024, mengusung tema “Transportasi Maju, Nusantara Baru”, yang mana tema ini menggambarkan semangat kolaborasi dan sinergi antara seluruh pemangku kepentingan di sektor perhubungan, untuk mewujudkan transportasi yang lebih maju dengan berbagai capaian, berkat kerja sama dari seluruh pihak yang terlibat.

 

“Harhubnas menjadi momentum bagi kita semua untuk menilik kembali pencapaian yang sudah diraih, menjaga keberlanjutan, dan terus berinovasi untuk masa depan yang lebih baik,” jelas Wali Kota Balikpapan, H. Rahmad Mas’ud saat membacakan sambutan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, pada upacara peringatan Harhubnas Tahun 2024, di Halaman Balai Kota Balikpapan, pada hari Selasa (17/9/2024).

 

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan, Edo Skanda Putra berharap dengan terciptanya Nusantara baru di Kalimantan Timur, maka sistem transformasi Indonesia juga semakin maju.

 

Termasuk sistem transformasi di Kota Balikpapan salah satu upaya yang dilakukan dalam sistem transportasi adalah tersedianya angkutan umum massal. Tahun berikutnya akan mencoba menghubungkan antar koneksi atau antar wilayah. “Jadi ada beberapa tahapan yang akan kita siapkan salah satunya adalah tersedianya transportasi massal yang memadai, yang nyaman dan aman bagi penggunanya,” ujar Edo sapaan karibnya.

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud didampingi Sekda Balikpapan, Muhaimin dan Kepala Dishub Balikpapan, Adwar Skenda Putra saat memegang piala penghargaan Wahana Tata Nugraha, untuk Kategori Kota Besar tahun 2024. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri
Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud didampingi Sekda Balikpapan, Muhaimin dan Kepala Dishub Balikpapan, Adwar Skenda Putra saat memegang piala penghargaan Wahana Tata Nugraha, untuk Kategori Kota Besar tahun 2024. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri

Kemudian, tersedianya terminal yang terkoneksi dengan menghubungkan Balikpapan Timur, Balikpapan Barat, Balikpapan Kota termasuk Balikpapan Utara.

 

Yang paling utama adalah tertib berlalu lintas artinya tingkat kesadaran masyarakat semakin tinggi dalam berlalu lintas, sehingga kemacetan pun berkurang. “Itu harapan besar kami di dalam Hari Perhubungan Nasional tahun 2024,” ungkapnya.

 

Sistem transformasi yang akan dihubungkan sementara ini adalah Bus Balikpapan City Trans (BTC). Balikpapan sudah mempunyai Bus BCT yang melayani 3 koridor, kedepannya besar harapan dapat tercipta 7 koridor sesuai dengan rencana bisa terisi semua oleh Sarana Angkutan Umum Massal (SAUM) yakni BCT.

Baca Juga :  Melalui Program Kampung Pangan Berseri, Pertamina Integrated Terminal Balikpapan Raih PRIA Awards 2023

 

Usai upacara yang dipimpin langsung Walikota Balikpapan, Edo menyerahkan penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) untuk Kategori Kota Besar tahun 2024, yang diraih Dinas Perhubungan Kota Balikpapan, kepada Wali Kota Balikpapan.

Upacara peringatan Harhubnas Tahun 2024, di Halaman Balai Kota Balikpapan, pada hari Selasa (17/9/2024). Foto: BorneoFlash/Niken Sulastri
Upacara peringatan Harhubnas Tahun 2024, di Halaman Balai Kota Balikpapan, pada hari Selasa (17/9/2024). Foto: BorneoFlash/Niken Sulastri

Penghargaan diserahkan secara langsung  Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, di Ballroom JIExpo Kemayoran, Convention Center and Theatre Area, Jakarta Pusat, Sabtu (Sabtu (7/9/2024).

 

Penghargaan ini diraih karena Balikpapan dinilai berprestasi dalam penyelenggaraan transportasi perkotaan, sehingga tercipta sistem transportasi perkotaan yang tertib, lancar, sehat, aman dan berkelanjutan. Penghargaan ini diberikan sebagai wujud apresiasi pemerintah pusat kepada Kabupaten/Kota dan Provinsi. (Adv)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.