Ketua DPRD Ikuti Sholat Ied 1445 Hijriah di Masjid At-Taqwa 

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan, H. Abdulloh. Foto: BorneoFlash/IST
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan, H. Abdulloh. Foto: BorneoFlash/IST

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Dalam momentum Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah atau 2024 Masehi, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan H. Abdulloh melaksanakan sholat Ied di Masjid At Taqwa, pada hari Senin, (17/6/2024).

 

Bertindak sebagai imam sholat Ied adalah Ustaz Amin Maulana serta yang menjadi Khotib Drs. H. Ahmad Fanani, M.H selaku Ketua Pengadilan Agama Balikpapan.

 

Mewakili Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, Ketua DPRD Kota Balikpapan, Abdulloh mengatakan momentum Idul Adha ini dapat menjadi ladang amal bagi setiap individu untuk memberikan sumbangsih, kontribusi dan memberi arti yang lebih besar terhadap sesama, sesuai dengan profesi dan status masing –  masing, dalam menjadi hamba-hamba Allah yang terbaik.

 

“Dalam kesempatan ini saya ingin mengingatkan pentingnya mewujudkan makna Idul Adha atau hari raya kurban, dalam Habluminallah dan Hablumminannas,” ucapnya saat membacakan sambutan Wali Kota.

 

Diketahui bahwa makna Hablumminallah secara vertikal sebagai wujud ketaatan, ketundukan patuh dan pasrah kepada Allah SWT, yang merupakan pondasi inti dari keseluruhan ajaran islam.

 

Sedangkan makna Hablumminannas secara horizontal sebagai wujud semangat berkorban dan solidaritas sosial, yang merupakan implementasi dari sifat dasar ajaran islam, yang penuh kasih sayang antar sesama umat manusia.

 

Peristiwa kurban yang hari ini diperingati oleh umat islam di seluruh dunia, memang seharusnya tidak lagi dimaknai hanya sebatas proses ritual belaka, karena secara nyata penumbuhan nilai-nilai kemanusiaan dan spirit keadilan sosial dalam sendi. “Sendi kehidupan bermasyarakat, yang menjembatani kesenjangan dalam struktur ekonomi sosial dan kepedulian terhadap sesama umat,” ujarnya.

 

Ibadah qurban adalah semangat pembebasan manusia dari sifat-sifat yang melekat sebagai potensi anti sosial. Sifat anti sosial yang paling berbahaya dan dapat menghancurkan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara, yang merupakan nafsu serakah, yang melahirkan perilaku-perilaku tercela.

Baca Juga :  Meriahkan HUT Brimob Ke-77, Polda Kaltim Gelar Acara Syukuran

 

Dalam momentum Idul Adha 1445 hijriah, Abdulloh berpesan ukhuwah yang sudah terjalin dengan baik selama ini, hendaknya dapat terus dipertahankan menjadi modal pembangunan, mewujudkan masyarakat Kota Balikpapan yang rukun, saling bersinergi, dan memberikan kontribusi bagi kemajuan daerah dalam bingkai madinatul iman.

 

“Saya mengucapkan selamat melaksanakan ibadah kurban kepada seluruh umat Muslim Kota Balikpapan, tidak lupa saya ingatkan untuk tetap menjaga kebersihan dan ketertiban Kota dan juga sebisa mungkin menghindari penggunaan plastik, dalam pengemasan daging kurban yang akan didistribusikan, diganti dengan yang ramah lingkungan,” terangnya. (Adv)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.