Peduli Terhadap Disabilitas, SIGAB Sosialisasi Aksesibilitas kepada SD di Kota Balikpapan

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Sosialisasi aksesibilitas kepada Sekolah Dasar (SD) di Kota Balikpapan, yang berlangsung di Ruang Rapat Bappeda Litbang, pada hari Senin (25/9/2023). Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.
Sosialisasi aksesibilitas kepada Sekolah Dasar (SD) di Kota Balikpapan, yang berlangsung di Ruang Rapat Bappeda Litbang, pada hari Senin (25/9/2023). Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel (SIGAB) menggandeng Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan mengadakan sosialisasi aksesibilitas kepada Sekolah Dasar (SD) di Kota Balikpapan.

 

SIGAB merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Non Profit yang berpusat di Yogyakarta, yang saat ini berprogram dengan empat provinsi di Indonesia yakni Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur dan Yogyakarta. “Balikpapan adalah bagian dari Kalimantan Timur dan Samarinda,” jelas Program Officer Sigab Balikpapan, Sugianto saat Sosialisasi yang berlangsung di Ruang Rapat Bappeda Litbang, pada hari Senin(25/9/2023). 

 

SIGAB yang bekerjasama antara Inklusi, SIGAB, dan Kementerian Luar Negeri Australia lebih kepada asesmen penyandang disabilitas yang memiliki keterbatasan dalam segala lini kehidupan.

 

“Hari ini kami lebih sosialisasi lebih kepada perspektif disabilitas. Dalam artian apa itu disabilitas, bagaimana disabilitas, bagaimana jenis-jenisnya, dan bagaimana layanan publik,” terangnya.

 

Sugianto berharap adik-adik disabilitas memiliki kemampuan, memiliki harapan untuk maju, tidak lagi bersekolah di SLB. Melainkan bisa di sekolah umum. “Kita memberikan gambaran bagaimana sekolah inklusi, ramah disabilitas, karena di sistem pendidikan nasional pun ada sekolah inklusi dan yang memberikan tempat adik-adik disabilitas,”jelasnya.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.