Danjen Akademi TNI dan Kalemdiklat Polri Tutup Latsitardanus XLIV Tahun 2024

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Upacara penutupan Latsitardanus XLIV Tahun 2024, yang dipimpin Kalemdiklat Polri, Komjen Pol Purwadi Arianto, di Lapangan Merdeka Balikpapan, pada hari Rabu, 5 Juni 2024.
Upacara penutupan Latsitardanus XLIV Tahun 2024, yang dipimpin Kalemdiklat Polri, Komjen Pol Purwadi Arianto, di Lapangan Merdeka Balikpapan, pada hari Rabu, 5 Juni 2024.

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLIV Tahun 2024 di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), resmi ditutup Danjen Akademi TNI, Letnan Jenderal TNI Rudianto bersama Kalemdiklat Polri, Komjen Pol Purwadi Arianto.

Latsitardanus ditutup dengan ditandai upacara yang berlangsung di Lapangan Merdeka Balikpapan, pada hari Rabu, 5 Juni 2024.

Rudianto mengatakan peserta Latsitardanus XLIV/2024 terdiri dari taruna taruni dari berbagai matra diantaranya TNI, Polri, IPDN, Poltek SSN. Ribuan peserta Latsitardanus di Provinsi Kaltim dimulai tanggal 5 Mei 2024, yang tersebar di dua kota dan tiga kabupaten.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pejabat TNI, Polri, Pemerintah Kota dan Kabupaten yang menjadi sasaran latihan serta kepada pemerintah provinsi Kalimantan Timur (Kaltim),” jelasnya.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta latsitardanus XLIV Tahun 2024 atas dedikasi, disiplin dan kepatuhan yang telah ditunjukan selama latihan, sehingga tidak ada hal negatif yang dilakukan oleh peserta latsitarda maupun para pendukung.

“Besar harapan agar sinergitas yang telah terbentuk selama latihan ini, dapat terus terjalin dan menjadi bekal penghargaan saat bertugas nanti,” harapnya.

Rudianto mengatakan dukungan dan kerja sama secara integrasi yang telah diberikan oleh semua pihak ini sangat berperan penting dalam kelancaran, ketertiban dan keamanan jalannya latihan. Para peserta sudah mampu berbuat yang terbaik memberikan Darma Baktinya.

Serta memberikan pengarahan, promosi kepada para pemuda pemudi di daerah latihan, untuk membangkitkan minat dan untuk dapat mengabadikan diri kepada bangsa dan negara melalui pendidikan kedinasan ini.

Para peserta akan dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo diperkirakan pada tanggal 16 Juli 2024 di Istana Negara. “Semoga bekal yang diterima Latsitardanus XLIV menjadi bekal yang baik bagi semuanya, sehingga kelak menjadi pemimpin TNI, Polri dan Pemerintahan yang menjadi harapan bangsa dan negara,” terangnya.

Baca Juga :  Pemkab Mahulu Segera Lakukan Penerapan Digitalisasi, Kemenkeu Siapkan Reward bagi Daerah Tercepat 

Kalemdiklat Polri, Komjen Pol Purwadi Arianto berharap kehadiran Latsitarda mampu membangun interaksi dengan lingkungan dan masyarakat, sehingga bisa mengenal satu sama lain.

Upacara penutupan Latsitardanus XLIV Tahun 2024. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri
Upacara penutupan Latsitardanus XLIV Tahun 2024. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri

Begitu juga bisa mengetahui adat istiadat budaya dengan berbagai kearifan lokalnya yang bisa menambah wawasan saudara, sehingga dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dan meningkatkan wawasan kebangsaan.

Latsitardanus XLIV/2024 menjadi salah satu wujud nyata pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh peserta Latsitarda. Para peserta adalah generasi muda yang akan mengelola, mengisi, membangun demi keberlanjutan bangsa.

Diharapkan kegiatan yang telah dilaksanakan dapat membangun jiwa integrasi, sebagai komponen bangsa yang akan tetap tersambung dimanapun berada, dalam rangka merekatkan jiwa untuk mendukung pelaksanaan tugas di masa datang.

“Tetap jaga dan peliharaan agar terwujud keutuhan bangsa Indonesia. Semoga mereka terbentuk menjadi perwira yang profesional, terintegritas bergotong-royong dan bekerjasama yang didasarkan nilai-nilai bhinneka tunggal Ika, Pancasila UU- 45 Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Sri Wahyuni mengatakan atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan seluruh masyarakat Kaltim, mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya, kepada seluruh peserta Latsitardanus XLIV/2024 yang telah memberikan darma baktinya dan karyanya untuk masyarakat Kaltim.

Ia pun mengucapakan permohonan maaf sekiranya di dalam kegiatan Latsitardanus XLIV/2024 terdapat hal -hal yang kurang berkenan dari masyarakat Kaltim.

“Mudah-mudahan tidak menimbulkan hal-hal yang kurang berkenan, melainkan menjadikan kenangan yang indah baik bagi para peserta pelatihan dan juga masyarakat Kaltim,” ujarnya.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.