Ribuan Peserta Rakernas APEKSI XVII Tahun 2024 Hadir di Kota Balikpapan, 98 Wali Kota Berkumpul 

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud didampingi Sekda Kota Balikpapan, H. Muhaimin, S.T.,M.T., para Asisten dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, di Lobby Balai Kota Balikpapan, pada hari Selasa (28/5/2024). Foto: BorneoFlash/Niken Sulastri
Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud didampingi Sekda Kota Balikpapan, H. Muhaimin, S.T.,M.T., para Asisten dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, di Lobby Balai Kota Balikpapan, pada hari Selasa (28/5/2024). Foto: BorneoFlash/Niken Sulastri

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Ribuan peserta akan mengikuti Pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke XVII Tahun 2024 di Kota Balikpapan.

 

Rakernas APEKSI ke XVII Tahun 2024 akan dibuka secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), pada hari Selasa 4 Juni 2024 Mendatang.

 

Wali Kota Balikpapan, H. Rahmad Mas’ud mengatakan tercatat hingga saat ini sudah ada 79 dari 98 Wali Kota di seluruh Indonesia akan hadir. Begitu juga, peserta APEKSI yang akan ikut sekitar 5 ribu orang.

 

“Alhamdulillah, persiapan pelaksanaan Rakernas APEKSI ke XVII Tahun 2024 sudah mencapai 99,9 persen. Masyarakat dan 98 kepala daerah dari seluruh Indonesia sangat antusias, mengikuti kegiatan ini,” jelasnya.

 

Wali Kota didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Balikpapan, H. Muhaimin, para Asisten dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, saat press release di Lobby Balai Kota Balikpapan, pada hari Selasa (28/5/2024). 

 

Rangkaian APEKSI terdapat beberapa kegiatan, salah satunya karnaval budaya dari daerah masing-masing. Salah satu agenda utama dalam kegiatan tersebut adalah pemilihan Ketua APEKSI periode 2024-2029. Disamping itu, kegiatan ini membahas yang menjadi isu nasional. 

 

“Saya akan menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Saya akan menjelaskan letak Kota Balikpapan, sebagai teras Ibu Kota yang memiliki peranan yang sangat strategis. Dampak dan pengaruh dari Kota Balikpapan akan kita angkat,” katanya.

 

Dalam pertemuan tersebut, Rahmad juga akan membahas sarana, fasilitas termasuk air bersih. “Tema ini akan menjadi poin utama yang akan kita sampaikan nanti. Jangan sampai Kota Balikpapan menjadi penonton yang hanya dilewati saja,” terangnya.

Baca Juga :  Dilantik Jadi Ketua DMDI Kaltim Periode 2024-2027, Rahmad Mas’ud: Akan Menjalankan Organisasi Menjadi Lebih Baik

 

Pemkot Balikpapan akan menggandeng pelaku UMKM Kota Balikpapan dalam kegiatan ini. Para pelaku UMKM harus menjaga kualitas makanan. “Kuliner kita akan menjadi catatan yang baik bagi tamu yang hadir dari seluruh daerah di Indonesia, sehingga mereka akan selalu berkunjung di Kota Balikpapan,” jelas Rahmad.

 

Rakernas APEKSI ke XVII Tahun 2024 berlangsung pada tanggal 01-06 Juni 2024 di Kota Balikpapan, Wali Kota mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Balikpapan, untuk tetap menjaga kondusifitas Kota. 

 

Ditengah pemindahan Ibu kota Nusantara (IKN), Kota Balikpapan menjadi barometer, tolak ukur sebagai teras IKN yang mempunyai peranan  sangat strategis, sehingga Kota Balikpapan menjadi tuan rumah pelaksanaan Rakernas APEKSI ke XVII Tahun 2024.

 

Rahmad juga berpesan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan Kota Balikpapan. Terlepas masih banyak kekurangan. Akan tetapi dari hasil penilaian pemerintah pusat, Balikpapan terbersih Se Indonesia. 

 

“Kita memberikan apresiasi kepada masyarakat. Ini bukan kerja dari perangkat di lingkungan pemerintah kota, tetapi ini kolaborasi, sinergi kita dengan masyarakat dan seluruh stakeholder di Kota Balikpapan,” katanya.

 

Pelaksanaan kegiatan ini menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan sebesar Rp 16 miliar, akan tetapi dampak yang diperoleh dari kegiatan ini sebesar Rp 47 miliar. “Perputaran uang akan sangat baik di Kota Balikpapan,” ungkapnya. (Adv)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.