PT PHM Unjuk Gigi saat Annual Global CSR & ESG Award di Hanoi, Raih Pengakuan Internasional

oleh -
Editor: Ardiansyah
PT PHM mendapatkan kehormatan tampil sebagai salah satu narasumber di forum internasional The 16th Annual Global CSR & ESG Award 2024 di Hanoi, Vietnam, pada 25 April lalu. Foto: HO/PT PHM
PT PHM mendapatkan kehormatan tampil sebagai salah satu narasumber di forum internasional The 16th Annual Global CSR & ESG Award 2024 di Hanoi, Vietnam, pada 25 April lalu. Foto: HO/PT PHM

Sementara itu, Program Sekolah Negeri Terapung berlokasi di pesisir Delta Mahakam, Kalimantan Timur, dan berdekatan dengan wilayah operasi PHM.

 

Program ini mencakup enam sekolah SD dan SMP untuk mengatasi ketimpangan jenjang pendidikan di wilayah terpencil. 

 

Fokus Program Sekolah Negeri Terapung adalah peningkatan kapasitas guru dan kegiatan pembelajaran siswa, peningkatan sarana prasarana pendidikan, pendampingan sarjana pesisir, serta pengembangan EBT sebagai sumber energi sekolah.

 

General Manager PHM Setyo Sapto Edi mengungkapkan komitmen Perusahaan untuk terus berinovasi dalam mendukung kebijakan PT Pertamina (Persero) dalam efisiensi energi, pengurangan emisi, serta transisi energi berupa pengembangan energi baru dan terbarukan. 

 

“Program Wasteco dan Program Sekolah Negeri Terapung. Keduanya merupakan program pengembangan masyarakat yang dijalankan oleh Perusahaan secara konsisten. Kedua program itu juga mendukung implementasi dan kontribusi pengelolaan Environmental, Social, and Governance, atau disingkat ESG, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs,” tutur Edi.

 

Atas penghargaan tersebut, Site Manager PHM Lapangan South Processing Unit (SPU) Zaki Hatmanda menyampaikan, “Kami akan terus berinovasi untuk memberikan manfaat berkelanjutan yang lebih luas bagi peningkatan pendidikan, termasuk pengembangan EBT, yang sangat dirasakan manfaatnya untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah-sekolah pesisir,” ungkap Zaki yang hadir menerima penghargaan ini secara langsung. 

 

Pada kesempatan terpisah, Manager Communication Relations & CID PT Pertamina Hulu Indonesia Dony Indrawan menerangkan komitmen PHI dan anak-anak perusahaannya, seperti PHM, untuk terus menjalankan program-program CSR yang inovatif dan berkelanjutan.

 

“Kami ingin memastikan dampak positif yang signifikan dari program-program yang kami laksanakan ini baik bagi masyarakat maupun lingkungan.”

 

“Selain penghargaan ini, dalam program Sekolah Negeri Terapung, PHM berkolaborasi dengan sekolah, pemerintah daerah, dan lembaga mitra untuk memperkecil gap kualitas pendidikan.”

Baca Juga :  Turnamen Bola Volly Kapolri Cup 2023 Zona V Kalimantan Secara Resmi Dibuka
PT PHM juga menerima penghargaan kategori Excellence in Provision of Literacy & Education untuk Program CSR PHM di bidang pendidikan, yaitu Program Sekolah Negeri Terapung. Foto: HO/PT PHM
PT PHM juga menerima penghargaan kategori Excellence in Provision of Literacy & Education untuk Program CSR PHM di bidang pendidikan, yaitu Program Sekolah Negeri Terapung. Foto: HO/PT PHM

“Para guru mendapatkan sekitar 40 topik pelatihan di sepanjang 2023, sesuai kebutuhan, potensi, dan minat/bakat,” jelas Dony. 

 

Menurutnya, sejumlah guru menorehkan prestasi nasional hingga internasional, di antaranya tiga guru sekolah pesisir dari Kecamatan Anggana yang terpilih di antara 50 guru di seluruh Indonesia, masuk sebagai tim penyusun modul Kemendikbud RI di Jakarta selama tiga bulan. 

 

Selain itu, Program Sekolah Negeri Terapung juga berhasil meraih tiga penghargaan internasional, antara lain di ajang Talian Art Geng di Malaysia dan Fish Art Contest di Amerika Serikat.

 

“Pelaksanaan program Wasteco mendukung pencapaian SDG, yaitu Tujuan 5 tentang Kesetaraan Gender, Tujuan 7 tentang Energi Bersih dan Terjangkau, Tujuan 8 tentang Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, dan Tujuan 13 tentang Penanganan Perubahan Iklim. Sedangkan untuk Program Sekolah Negeri Terapung sejalan dengan upaya pencapaian SDG Tujuan 4 tentang Pendidikan Bermutu,” pungkasnya. (*)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.