Rumah Sakit Balikpapan Barat Dibangun Tahun Ini

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Asisten I Bidang Tata Pemerintahan Setda Kota Balikpapan, Zulkipli. Foto: BorneoFlash/Niken Sulastri
Asisten I Bidang Tata Pemerintahan Setda Kota Balikpapan, Zulkipli. Foto: BorneoFlash/Niken Sulastri

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Rumah sakit di wilayah Kecamatan Balikpapan Barat, akan dibangun pada tahun ini.

 

Pembangunan rumah sakit sempat terhenti akibat adanya gugatan warga. Namun, saat ini sengketa itu telah diputuskan, sehingga Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan mulai melanjutkan kembali pembangunan rumah sakit tersebut.

 

Asisten I Bidang Tata Pemerintahan Setda Kota Balikpapan, Zulkipli mengatakan pihaknya masih menunggu pemberitaan resmi atas keputusan ini. Meskipun berkas putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang sengketa ini sudah diumumkan dari pengadilan negeri Balikpapan, sehingga dirinya yakin tahun 2024 pembangunan rumah sakit bisa dikerjakan, dikarenakan sudah ada putusan itu. 

 

“Setelah kita mendapatkan putusan resmi dari pengadilan Negeri. Segera kita ajukan permohonan eksekusi. Kalau sudah dilakukan eksekusi, baru bisa membangun rumah sakit. Insyaallah dalam waktu dekat ini, mungkin setelah lebaran kalau sudah terima putusan,” jelasnya.

 

Nantinya yang akan melakukan eksekusi pengosongan lahan dari juru sita pengadilan. “Kita memohon untuk eksekusi di lapangan. Biasa nanti itu akan ada pelaksanaan di lapangan,” ujarnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Alwiati mengatakan saat ini sudah mulai berproses pengadaan barang dan jasa untuk pembangunan rumah sakit di Kecamatan Balikpapan Barat. “Saya masih pelajari dulu bagaimana manajemen konstruksi, apa saja yang masuk dalam lingkup pembangunan pada tahun ini,” terangnya.

 

Pihaknya masih menunggu surat keputusan resmi, walaupun sudah diumumkan keputusan itu. Kendati demikian, pihaknya sambil menjalankan proses pengadaan barang dan jasa. Anggaran tahap pertama pembangunan rumah sakit sudah tersedia. “Nilai Rp 100 miliar itu lingkup pengerjaan apa saja yang akan dilaksanakan di tahun ini. Saya masih liat dulu,” katanya.

Baca Juga :  Babinsa Graha Indah Datangi Lokasi Tanah Longsor di RT 44 Graha Indah   

 

Seperti diketahui bahwa di Kecamatan Balikpapan Barat belum memiliki fasilitas rumah sakit, sehingga adanya pembangunan ini disambut baik oleh warga. Mengingat juga, bidang kesehatan merupakan salah satu program prioritas Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.