3 Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat dan Waktu Terbaik Membacanya

oleh -
3 Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat dan Waktu Terbaik Membacanya,Ilustrasi Al-Qur'an
3 Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat dan Waktu Terbaik Membacanya,Ilustrasi Al-Qur'an

BorneoFlash.com – Ada sejumlah keutamaan membaca surat Al Kahfi di hari Jumat yang bisa diraih umat Islam. Amalan ini juga termasuk salah satu sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Membaca surat Al Kahfi di hari Jumat dinilai mengandung banyak kebaikan, baik untuk urusan di dunia maupun sebagai bekal di akhirat kelak. Terlebih, hari Jumat adalah sebaik-baik hari dalam satu pekan.

Dalam hadits yang dinukil dari kitab Fiqih Sunnah 2 oleh Sayyid Sabiq, diriwayatkan dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda:

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ فِيهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ اللهِ وَفِيهِ أُدْخِلَ الحة وفيه أشرح منها وَلَا تَقُومُ السَّاعَةُ إِلَّا فِي يَوْمِ الْمُنعا

Artinya: “Hari terbaik (selagi matahari masih terbit) adalah hari Jumat. Pada hari itulah Adam diciptakan, pada hari itu pula ia dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya. Kiamat pun tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.”

Maka dari itu, umat Islam dapat menambah amalan di hari Jumat dengan membaca surat Al Kahfi sebagaimana sunnah Rasulullah SAW. 

Lantas, apa saja keutamaan membaca Al Kahfi di hari Jumat? Berikut ini penjelasannya.

Keutamaan Membaca Al Kahfi di Hari Jumat

Mendapatkan Ampunan Dosa

Keutamaan bagi umat Islam yang membaca surat Al Kahfi di hari jumat salah satunya akan mendapatkan ampunan dosa dari Allah SWT di antara dua Jumat. Selain itu, Allah SWT juga akan membentangkan dan memancarkan cahaya baginya dari telapak kaki sampai langit pada hari kiamat kelak.

Dalam sebuah hadits yang dinukil dari buku Ensiklopedia Hadits Ibadah Membaca Al-Qur’an karya Syamsul Rijal Hamid, Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga :  Sabaruddin Apresiasi Generasi Muda Peduli Lingkungan   

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ، سَطَعَ لَهُ نُورٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءِ، يُضِيءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وغُفر لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: “Barang siapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka cahaya akan memancar dari bawah kakinya hingga menjulang ke atas langit dan akan meneranginya pada hari kiamat, serta diampuni dosa-dosanya yang terdapat di antara dua Jumat.” (HR Ibnu Mardawaih, dari Ibnu Umar RA).

Mendapat Perlindungan dari Fitnah Dajjal

Membaca surat Al Kahfi, minimal sepuluh ayat pada awal surat, dapat menjadi pelindung diri dari fitnah dajjal kelak. Hal ini sebagaimana dikatakan dalam hadits yang dikutip dari buku 200 Amal Saleh Berpahala Dahsyat karya Abdilah F. Hasan. Diriwayatkan dari Abu Darda’ RA, Rasulullah SAW bersabda:

من قرأ العشر الأواخر من سورة الكهف عُصم من فتنة الدجال

Artinya: “Barangsiapa membaca sepuluh ayat dari permulaan surat Al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” (HR Muslim).

Menurut Imam Nawawi, pada awal surat Al Kahfi terdapat keajaiban-keajaiban dan tanda-tanda kebesaran Allah SWT. Oleh sebab itu, orang yang merenungkannya tidak akan tertipu oleh fitnah Dajjal.

Sebagai Pengingat Datangnya Hari Kiamat

Mengutip dari laman MUI, membaca surat Al Kahfi di hari Jumat juga dapat menjadi pengingat akan adanya hari Kiamat. Dengan mengingat datangnya hari Kiamat akan menuntun seorang muslim untuk senantiasa melakukan kebaikan. Dalam surat Al Kahfi ayat 47, Allah SWT berfirman:

وَيَوْمَ نُسَيِّرُ ٱلْجِبَالَ وَتَرَى ٱلْأَرْضَ بَارِزَةً وَحَشَرْنَٰهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ أَحَدًا

Artinya: “Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka.” (QS Al Kahfi: 47).

Baca Juga :  Omzet Turun : Pedagang Keluhkan Penjualan Bendera

Waktu Terbaik Membaca Al Kahfi di Hari Jumat

Membaca surat Al Kahfi di hari Jumat dapat dilakukan pada malam Jumat (hari Kamis setelah shalat Maghrib) hingga hari Jumat setelah Ashar, sebagaimana diterangkan Rizem Aizid dalam buku Aktivasi Mukjizat Hari Jumat

Artinya, waktu terbaik membaca Al Kahfi di hari Jumat dapat dimulai pada saat matahari terbenam di hari Kamis dan berakhir pada saat matahari terbenam di hari Jumat.

Selain tubuh kita akan diliputi cahaya di antara dua Jumat, keutamaan lain dari amalan ini juga akan mendatangkan ampunan dosa dari Allah SWT.

Dengan mengamalkan bacaan surat Al Kahfi di waktu yang tepat, insya Allah umat Islam dapat memperoleh keutamaan-keutamaan tersebut.

 

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135