Bahas Pembangunan Bandara Ujoh Bilang di Mahulu, Gubernur Kaltim Akan Bertemu Presiden Jokowi

oleh -
Gubernur Isran Noor dalam pertemuan dengan Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh yang dibagikan melalui akun Instagram resmi Pemprov Kaltim.
Gubernur Isran Noor dalam pertemuan dengan Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh yang dibagikan melalui akun Instagram resmi Pemprov Kaltim.

BorneoFlash.com, SAMARINDAGubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor berencana bertemu Presiden Joko Widodo Membahas Bandara Ujoh Bilang di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu).

Hal ini diungkapkan Gubernur Isran Noor dalam pertemuan dengan Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh yang dibagikan melalui akun Instagram resmi Pemprov Kaltim.

“Dalam waktu dekat, saya akan mencoba berkomunikasi dengan Bapak Presiden,” kata Gubernur Isran Noor saat bertemu Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh di Resto Bengawan Solo, Hotel Sahid Jakarta pada Jumat (17/3/2023).

dilansir melalui Instagram Pemprov Kaltim Menurut Gubernur, Bandara Ujoh Bilang sangat penting untuk membuka akses ke daerah perbatasan dan sangat strategis untuk kemajuan dan perkembangan daerah pedalaman.

Meskipun Pemprov Kaltim telah mendukung pembangunan bandara ini, namun saat ini masalahnya terletak pada Kementerian Perhubungan yang bertanggung jawab atas sisi udara, sementara sisi daratnya akan disiapkan oleh daerah.

Gubernur Kaltim menekankan bahwa kebijakan pusat dalam alokasi anggaran sangat penting untuk mendukung pembangunan bandara ini.

Namun, menurut rencana kerja Presiden Jokowi sampai 2024, hanya ada 21 bandara perintis yang akan dibangun di seluruh Indonesia. Meski begitu, Gubernur Isran Noor berharap dapat membicarakan hal ini dengan Presiden Jokowi.

Terpenting, Gubernur menegaskan bahwa kebijakan pusat (Kementerian Perhubungan) dan daerah (Pemerintah Provinsi Kaltim) untuk dukungan alokasi anggaran, sedangkan lahan untuk bandara disiapkan oleh Kabupaten Mahulu.

“Jika di antara ketiga elemen ini tidak terpenuhi, maka rencana pembangunan bandara tersebut akan terganggu.” Ucap Gubernur Kaltim

Dalam pertemuan tersebut, audiensi membahas kelanjutan pembangunan sisi darat Bandara Ujoh Bilang yang telah dianggarkan oleh Pemprov Kaltim melalui Dinas PUPR Kaltim.

Kepala Dinas Perhubungan Kaltim Yudha Pranoto hadir dalam pertemuan tersebut, serta beberapa pejabat terkait lainnya, seperti Sekda Mahulu Dr Stephanus Madang, Kepala Dishub Mahulu Fransiskus Xaverius Lawing, Kepala Bappelitbangda Gerry Gregorius, Kepala Bagian Pemerintahan Yopianus Anyang, Kabid Perhubungan Udara Dishub Mahulu Ferry A Marpaung dan Kasubag Perundang-Undangan Bagian Hukum Setkab Mahulu Fransiska.

Baca Juga :  Jelang Akhir Tahun, Pansus Aset DPRD Balikpapan Lakukan Sidak ke Kantor BPKAD

Gubernur Isran Noor menegaskan bahwa Pemprov Kaltim sangat mendukung pembangunan Bandara Ujoh Bilang dan berharap rencana ini dapat terwujud dengan baik.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135