Lahirkan Pengrajin Batik, Dekranasda Kubar Gelar Pelatihan Membatik

oleh -
Hari Batik Nasional, Dekranasda Kubar Menggelar pelatihan Membatik Motif Kabupaten Kutai Barat berapa waktu lalu. Foto: BorneoFlash.com/Lilis.
Hari Batik Nasional, Dekranasda Kubar Menggelar pelatihan Membatik Motif Kabupaten Kutai Barat berapa waktu lalu. Foto: BorneoFlash.com/Lilis.

BorneoFlash.com, SENDAWAR – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) menggelar pelatihan membatik yang dimulai sejak Senin (20/6/2022) bertempat di Lamin Taman Budaya Sendawar (TBS). 

Pelatihan tersebut bertujuan untuk melestarikan dan menumbuhkan lahirnya pengrajin batik dengan seni dan budaya khas Kubar.

“Ini merupakan program yang sudah direncanakan untuk dilaksanakan pada tahun 2022. Tujuannya adalah melahirkan pengrajin batik di Kubar,” kata Ketua Dekranasda Kubar, Yayuk Seri Rahayu pada Selasa (21/6/2022).

Dalam pelatihan yang digelar selama 4 hari kedepan tersebut, Dekranasda Kubar menggandeng salah satu Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) dari Kota Samarinda.

Dimana untuk kegiatan pelatihan ini fokus mengajarkan cara membatik. Dengan berbagai media/sarana mulai dari kertas pola hingga nantinya bisa diaplikasikan ke kain.

“Hari pertama dan kedua fokus untuk mengenalkan cara membatik. Kemudian selanjutnya baru ke media/sarana yang lebih besar seperti kain agar bisa dijadikan berbagai macam produk. Seperti sarung bantal hingga pakaian,” tambahnya.

Sangat diharapkan melalui pelatihan ini bisa melahirkan pengrajin batik di Kubar. Sehingga lebih banyak produk unggulan yang bisa diperkenalkan. 

Serta dapat menunjukan bahwa masyarakat Kubar pun bisa menjadi pengrajin dan tidak kalah bersaing dari luar daerah.

“Melalui pelatihan ini kedepannya bisa lebih memperkenalkan lagi motif-motif batik khas Kubar. Sebab kita juga punya banyak motif khas. Sekaligus ini sebagai cara dalam melestarikan seni dan budaya,” tandasnya. 

(BorneoFlash.com/Lis)

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.