Air Terjun Lembah Anai Meluap, Arus Lalu Lintas Terganggu

oleh -
Suasana Arus Lalu Lintas, Pasca Meluapnya Air Terjun Lembah Anai. Foto: Ist.
Suasana Arus Lalu Lintas, Pasca Meluapnya Air Terjun Lembah Anai. Foto: Ist.

BorneoFlash.com, PADANG PANJANG – Cuaca ekstrim dan hujan turun dengan intensitas tinggi yang melanda kawasan Kota Padang Panjang dan sekitarnya, persisnya di kawasan lereng Gunung Singgalang, Nagari Singgalang, Kecamatan X Koto, Tanah Datar, sekira pukul 16.00 WIB, Senin (13/6/2022).

Mengakibatkan air terjun Lembah Anai melimpah dan meluber hingga jalan raya.

Dampaknya air terjun Lembah Anai meluap sehingga membuat arus lalu lintas (Lalin) kendaraan di jalan nasional dari arah Padang menuju Padang Panjang dan sebaliknya sempat terhalang selama lebih satu jam. Terjadi kemacetan panjang dari kedua arah.

Roni, warga Batipuh yang baru pulang dari Padang mengatakan, dirinya terpaksa meminggirkan kendaraannya akibat besarnya debit air yang turun dari atas Lembah Anai.

Menurut Roni, sudah hampir satu jam dirinya terjebak macet akibat jalanan tidak bisa dilewati akibat besarnya air yang turun sehingga menyebabkan terjadinya genangan air yang cukup tinggi di depan air terjun.

“Ngeri pak, baru kali saya melihat air terjun Lembah Anai menumpahkan air begitu besarnya” ujar Roni.

“Situasi terkini debit air sudah surut dan kenderaan sudah bisa melintas,” sebut Anwar, salah seorang pedagang yang biasa mangkal dekat air terjun tersebut.

Air terjun Lembah Anai secara geografis diapit tiga Wilayah. Kab. Tanah Datar, Kab. Padang Pariaman, dan Kota Padang Panjang. Posisinya lebih lekat ke Kota Padang Panjang, namun secara administrasi air terjun lembah anai masuk Wilayah Kab.Tanah Datar.

Peristiwa melimpahnya air terjun Lembah Anai juga pernah terjadi pertengahan Desember 2019 atau tepatnya Minggu, 22 Desember 2019.

Saat itu, selain menumpahkan air yang sangat besar air, juga ada pohon tumbang yang lokasinya tidak jauh dari lokasi air terjun Lembah Anai tersebut.

Baca Juga :  PHKT Gelar Pelatihan Penanggulangan Tumpahan Minyak di Perairan Marangkayu  

(BorneoFlash.com/Berbagai Sumber)

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.