Pelaku Pembobol ATM Senilai Rp2,4 Miliar Berhasil di Ringkus Polda Kaltim 

by -
Ditreskrimum Polda Kaltim gelar konferensi pers Kasus Pembobol ATM Senilai Rp2,4 Miliar, Kamis (17/2/2022). Foto: BorneoFlash.com/Niken.
Ditreskrimum Polda Kaltim gelar konferensi pers Kasus Pembobol ATM Senilai Rp2,4 Miliar, Kamis (17/2/2022). Foto: BorneoFlash.com/Niken.

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Seorang warga asal Kota Samarinda berinisial AT (29) berhasil diringkus oleh Ditreskrimum Polda Kaltim. 

Diduga telah melakukan pembobolan sejumlah Anjungan Tunai Mandiri (ATM) salah satu bank milik pemerintah di tiga daerah yang berbeda dengan nilai yang cukup fantastis yakni Rp 2,4 Miliar.

“Mulai September 2021 hingga Januari 2022, pelaku membobol enam mesin ATM berkali-kali dalam rentang waktu rentang enam bulan di tiga kabupaten/kota yakni Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kutai Barat (Kubar) dan Kota Samarinda,” jelas kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Yusuf Sutedjo, Kamis (17/2/2022).

Kemudian, uang haram ini digunakan pelaku untuk keperluan sehari-hari dan berlibur ke Bali layaknya sebagai seorang “Sultan” dengan menyewa helikopter untuk berkeliling melihat pulau Bali. 

Berdasarkan pengalamannya sebagai teknisi perawatan dan perbaikkan mesin ATM, pelaku mempelajari cara membobol mesin ATM sehingga sulit terlacak. 

Pasalnya, tidak ada kerusakan yang terjadi hingga uang berhasil dikumpulkan mencapai Rp 2,4 miliar. 

Pihaknya tidak mengungkap secara detail, teknis cara pelaku membobol atm tersebut, karena khawatir kejadian ini akan diikuti pelaku-pelaku kejahatan yang lain.

“Itu yang dimanfaatkan tersangka untuk mengambil keuntungannya melalui yang sudah dipelajari dia, memperkaya dirinya sendiri dan menambah pundi-pundi uang yang ada di rekening dia,” terangnya. 

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.