Lapas Kelas II A Balikpapan Gelar Wisuda Warga Binaan Yang Lulus Dalam Program Kesetaraan PKBM Pengayoman

oleh -
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Balikpapan menggelar wisuda program kesetaraan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pengayoman,di Aula Lapas, Rabu (1/12/2021) pagi. Foto : BorneoFlash.com/Eko.
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Balikpapan menggelar wisuda program kesetaraan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pengayoman,di Aula Lapas, Rabu (1/12/2021) pagi. Foto : BorneoFlash.com/Eko.

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Balikpapan menggelar wisuda program kesetaraan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pengayoman,di Aula Lapas, Rabu (1/12/2021) pagi.

Dalam wisuda yang berlangsung juga nampak dihadiri Walikota Balikpapan yang diwakili Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kota Balikpapan, Ketua Forum PKBM, Komisi IV DPRD Kota Balikpapan, Ketua Pendidikan Masyarakat SKB, dan PKBM se-kota Balikpapan.

Dalam kesempatan itu, Ketua PKBM Pengayoman Slamet Riyadi mengatakan, PKBM Pengayoman merupakan lembaga pendidikan non formal yang memiliki komponen penting dalam pembinaan kepribadian intelektual.

Untuk diketahui, saat ini jumlah warga binaan yang tidak berhasil menempuh pendidikan hingga SMA ada 804 warga binaan atau sekitar 61,21 persen dari jumlah warga binaan.

“Sungguh jumlah yang sangat besar, dari data tersebut dapat kita simpulkan bahwa sejatinya tingkat pendidikan mempengaruhi tingkat kriminalitas. Apalagi di zaman sekarang untuk  melamar pekerjaan rata-rata membutuhkan syarat ijazah SMA Sederajat,”ujarnya.

Lanjut dia terangkan, sebanyak 143 warga binaan telah lulus menyelesaikan program paket A,B, dan C. Secara simbolis acara wisuda dihadiri 20 warga binaan sesuai dengan penerapan protokol kesehatan.

Selain itu dia terangkan, sebagai pendidikan nonformal PKBM Pengayoman telah terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional PAUD-PNF. 

“Kami telah berhasil menyelenggarakan Ujian Pendidikan Kesetaraan tahun ajaran 2020/2021 dan hari ini sebanyak 143 warga belajar dari Lapas Balikpapan dinyatakan lulus,” paparnya.

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.