Mendiang Seniman Legendaris Betawi Benyamin Sueb Jadi Google Doodle Hari Ini

oleh -
Editor: Ardiansyah
Foto: Doc. Google.

BorneoFlash.com – Google Doodle edisi hari ini, Selasa (22/9/2020), menampilkan mendiang Benyamin Sueb di halamannya.

Pengguna dapat melihat sosok seniman legendaris Betawi tersebut pada huruf “G”. Sementara pada keempat huruf lainnya, Google juga menampilkan empat hal yang erat kaitannya dengan Benyamin Sueb.

Ada gulungan film sebagai huruf “O” pertama dari kata “Google” dan asap berbentuk lingkaran yang mengepul dari sebuah kompor–kompor meleduk adalah salah lagu populer dari Benyamin Sueb–sebagai huruf O kedua.

Lalu ada juga alat musik tanjidor yang merepresentasikan huruf G dan ondel-ondel yang mewakili huruf L.

Benyamin lahir pada 5 Maret 1939 lalu di Kemayoran. Bapaknya bernama Suaeb, yang berasal dari Purwerejo, sementara ibunya bernama Siti Aisyah, anak dari seorang tuan tanah sekaligus jawara cukup dihormati di daerah Kemayoran yang bernama Haji Ung.

Benyamin merupakan anak bungsu dari sembilan bersaudara. Sedari kecil, bakat melucu sudah terlihat dari sosok Benyamin. Mak tak heran jika selain aktor, Benyamin juga dikenal sebagai komedian.

Film dan Lagu

Sejak kecil, bakat menyanyi Benyamin pun sudah terlihat. Hingga akhir hayatnya dia disebut menghasilkan 75 album.

Salah satu lagi lagu populer dari Benyamin, seperti disebutkan di halaman pertama, berjudul “Kompor Meleduk”.

Lagu populer lainnya berjudul “Tukang Kredit”, yang dia nyanyikan bersama Ida Royani. Lagu yang bercerita tentang kebiasaan masyarakat di kampung yang suka berutang tapi susah ditagih itu pertama kali muncul di film Musuh Bebuyutan (1974).

Di sektor perfilman, Benyamin juga produktif. Dia menghasilkan 53 judul film. Beberapa judul populer termasuk Benyamin Biang Kerok, Banteng Betawi, dan Intan Berduri.(*)

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.