Jelang Upacara Kemerdekaan di IKN, DPOP Balikpapan Siap Promosikan Wisata Bahari kepada Para Tamu 

by -
Writer: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Kepala Dinas Olahraga Pemuda dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan, Ratih Kusuma. Foto: BorneoFlash/Niken Sulastri
Kepala Dinas Olahraga Pemuda dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan, Ratih Kusuma. Foto: BorneoFlash/Niken Sulastri

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Kedatangan para tamu-tamu yang akan mengikuti Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), pada tanggal 17 Agustus 2024, menjadi peluang untuk Dinas Olahraga Pemuda dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan, dalam mempromosikan pariwisata.

 

Kepala DPOP Kota Balikpapan, Ratih Kusuma menyampaikan bahwa pihaknya melakukan persiapan kapal pinisi yang menjadi salah satu wisata bahari pariwisata di Kota Balikpapan.

 

 DPOP didampingi Kepala KSOP Balikpapan dan pihak ketiga yang akan mengoperasikan kapal pinisi telah rapat dengan Kementerian Perhubungan Lalu Lintas Laut mengenai rute wisata yang akan dilalui. 

 

“Ini kan melewati teluk Balikpapan dan itu sudah disepakati bahwa ada beberapa dermaga yang akan dilalui mulai dari Pelabuhan Semayang menyusuri Teluk Balikpapan melewati Jembatan Pulau Balang dan sandar di pelabuhan itci,” jelas Ratih.

 

Dengan kapal Pinisi, wisatawan akan melihat mangrove, bekantan dan indahnya teluk Balikpapan sambil dihibur dengan tarian, musik serta kuliner. Rencana akan ada dua kapal pinisi yang akan mengantarkan wisatawan. 

 

“Kami bekerjasama dengan pihak ketiga. Kami dari sisi pariwisata membantu promosikan, membranding duta wisatanya,” ujarnya.

 

Ratih menyampaikan bahwa 10 destinasi wisata Kota Balikpapan sudah dimasukkan dalam map IKN, seperti wisata bahari, wisata kuliner. “Kita sudah sampaikan kepada Kementerian dan juga IKN,” katanya.

 

Selain pariwisata, DPOP Balikpapan mempunyai tugas untuk menyambut tamu yang akan menghadiri upacara kemerdekaan RI di IKN, yang sebagian besar menginap di hotel yang ada di Balikpapan. “Kami terus mengawal baik hotel dan juga bandara. Kami beberapa waktu lalu sudah melakukan rapat dengan pihak hotel terkait kesiapan,” ucapnya.

Baca Juga :  Wakil Presiden RI Bersama Menteri LHK Serahkan Piala Adipura Kencana kepada Wali Kota Balikpapan 

 

Selain itu juga, DPOP sedang mempersiapkan penyambutan bendera duplikat merah putih dan teks proklamasi, di VVIP Room Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, pada tanggal 10 Agustus 2024.

 

“Kami sedang koordinasi dengan Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur dan Sekretariat Negara terkait kesiapan itu. Pihaknya terus berkomunikasi untuk mencocokkan site plan dalam penyambutan nanti,” ujarnya 

 

Pelaku seni Kota Balikpapan akan terlibat dalam penyambutan bendera duplikat dan teks proklamasi dari Istana Negara Jakarta. Termasuk  para duta-duta akan ikut menyambut.

 

“Kami hitung formasinya sekitar 60 orang pelaku seni, karena begitu keluar dari VVIP Bandara tempat harus kami siapkan,” terangnya.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.