Saat Musim Hujan Tubuh Rentan Sakit, Berikut 5 Tips Menjaga Kesehatan

oleh -
Penulis: Redaksi
Editor: Ardiansyah
Badan Mudah Sakit saat Musim Hujan. Foto: HOhalodoc
Badan Mudah Sakit saat Musim Hujan. Foto: HOhalodoc

BorneoFlash.com, KESEHATAN – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem untuk akhir tahun. Masalah kesehatan pun bisa meningkat seiring dimulainya musim hujan karena perubahan suhu dan kelembaban udara.

 

Flu, demam, hingga masalah pernapasan jadi lebih sering muncul saat-saat ini. Untuk itu harus selalu mewaspadai penyakit penyerta tersebut selama musim hujan.

 

Dibutuhkan langkah-langkah pencegahan yang tepat untuk menjaga kesehatan selama musim hujan.

 

Tubuh Rentan Sakit Saat Musim Hujan

Dilansir BorneoFlash.com dari situs alodokter, kelembapan udara yang tinggi saat musim hujan menyebabkan penyebaran kuman seperti virus influenza melalui udara lebih mudah. Hewan perantara penyakit seperti nyamuk juga lebih mudah menyebar di musim ini.

 

Saat musim hujan kurangnya paparan sinar matahari dapat mengurangi produksi vitamin D pada tubuh. Padahal vitamin D sangat penting untuk mendukung daya tahan tubuh. Akibatnya, tubuh menjadi lebih rentan terinfeksi kuman penyebab penyakit ketika musim hujan.

 

Tips Sehat Saat Musim Hujan

Tindakan pencegahan perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan selama musim hujan. 

 

Berikut 5 tips kesehatan yang disarankan Kementerian Kesehatan:

 

  1. Rutin Cuci Tangan

Mencuci tangan menggunakan sabun sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan selama musim hujan. Mencuci tangan bisa membantu meminimalisir infeksi virus dan bakteri berbahaya bagi kesehatan.

 

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Wajib makan makanan bergizi seimbang dan mengandung banyak vitamin. Tujuannya agar kebutuhan gizi dan vitamin harian tercukupi, sehingga mencegah infeksi bakteri dan virus.

 

  1. Kurangi Sentuhan Langsung ke Wajah

Jangan menyentuh wajah secara langsung maupun menggunakan tisu dan sapu tangan sebagai alas tangan. Sebab, virus flu biasanya masuk melalui tangan yang kotor, kemudian menyentuh mulut, hidung, dan mata.

Baca Juga :  Zodiak Hari Ini Rabu 11 Agustus 2021

 

  1. Minum Air Putih Cukup

Dengan memenuhi kebutuhan air harian, tubuh akan membuang zat yang tidak diperlukan. Air putih juga dapat membantu menghilangkan dahak atau lendir bagi pasien flu.

 

  1. Menjaga Kebersihan Tempat Tinggal

Bersiaplah menghadapi nyamuk demam berdarah saat musim hujan. Caranya dengan rutin membersihkan rumah, saluran air, dan berbagai area lain. Sebab, rumah atau tempat tinggal yang kotor dapat mempercepat pertumbuhan nyamuk.

 

Itulah beberapa tips sehat ketika musim hujan. Dengan mengikuti beberapa saran sehat selama musim hujan tersebut, diharapkan dapat meminimalisasi risiko terserang penyakit, dan siap menghadapi musim hujan

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.