Pedagang Kaki Lima Bisa Kembali Berjualan di Lapangan Merdeka pada Akhir Pekan

oleh -
Editor: Ardiansyah
Larangan PKL berjualan di lapangan merdeka (Lapmer). Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.
Larangan PKL berjualan di lapangan merdeka (Lapmer). Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Lapangan Merdeka kini sudah menjadi salah satu ruang publik yang ikonik bagi masyarakat kota Balikpapan

 

Di setiap sore hari, bahkan jika saat akhir pekan pada pagi dan sore di kawasan tersebut dipenuhi warga yang berolahraga, hal itu membuat banyak pedagang kaki lima yang mengambil kesempatan menarik konsumen.

 

Namun, beberapa waktu belakangan Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan mengeluarkan peraturan yang melarang adanya aktivitas berjualan di kawasan tersebut.

 

Akan tetapi, setelah berkoordinasi dengan pengelola termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, para pedagang kaki lima kembali diperbolehkan berjualan di sebagian area Lapangan Merdeka 1 hanya pada Sabtu dan Minggu.

 

Hal itu dikatakan oleh Area Manager Communication, Relations dan CSR PT KPI Unit Balikpapan, Ely Chandra Peranginangin yang mengatakan bahwa larangan berjualan di Lapangan Merdeka adalah upaya pihaknya untuk menjadikan kawasan tersebut nyaman bagi publik. Terutama bagi warga yang berolahraga lari dan bersepeda..

 

Ia juga mengatakan bahwa kebijakan PT KPI Unit Balikpapan terkait izin berjualan itu merupakan hasil koordinasi dengan para pemangku kepentingan.

 

“Masukan dari pemangku kepentingan tentu menjadi pertimbangan perusahaan, selama masukan tersebut tidak bertentangan dengan aturan dan dapat menjadi solusi bersama. Sampai saat ini, PT KPI Unit Balikpapan melihat Lapangan Merdeka adalah ruang publik yang harus dijaga bersama,” katanya, Rabu (15/11/2023).

 

Sehingga, hanya setiap hari Sabtu dan Minggu, sederet pedagang kembali menjual dagangannya di sebagian Lapangan Merdeka 1.

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.