Pemkab Mahulu Jalin Kerjasama dengan ITKES WHS untuk Tingkatkan SDM di Bidang Kesehatan

oleh -
Editor: Ardiansyah
Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh menandatangani MoU dengan dengan Institut Teknologi Kesehatan dan Sains (ITKES) Wiyata Husada Samarinda (WHS), Selasa (29/08/2023). Foto: HO/Prokopim Mahulu
Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh menandatangani MoU dengan dengan Institut Teknologi Kesehatan dan Sains (ITKES) Wiyata Husada Samarinda (WHS), Selasa (29/08/2023). Foto: HO/Prokopim Mahulu

BorneoFlash.com, SAMARINDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mahakam Ulu (Mahulu) melakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan (MoU) dengan Institut Teknologi Kesehatan dan Sains (ITKES) Wiyata Husada Samarinda (WHS), dalam rangka mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Mahulu.

Penandatangan MoU kerjasama ini dihadiri langsung oleh Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, Rektor ITKES WHS Eka Ananta Sitharta dan jajarannya, beserta Ketua Yayasan ITKES WHS Mugito Hadi yang diselenggarakan di Ruang Serbaguna ITKES WHS, Selasa (29/08/2023).

Dalam sambutannya Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh mengatakan bahwa program untuk peningkatan SDM baik itu sarana dan prasarana patut menjadi perhatian dan menjadi kebijakan Pemerintah Mahulu yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Kabupaten Mahulu atau RPJM dari periode pertama kepemimpinannya hingga saat ini. 

“Program ini terus berlanjut, dan saya tidak pegang data, berapa sudah yang kita beasiswakan ini cukup lumayan banyak.”

“Yang jelas anggaran kami siapkan untuk pendidikan atau beasiswa ini ada 22 Milyar setiap tahunnya dan untuk itu kami tetap melanjutkan program peningkatan SDM yang sesuai dengan kebutuhan setempat termasuk tenaga kesehatan dan tenaga IT kesehatan yang sangat kami butuhkan dan sangat langka saat ini,” kata Bupati.

Lanjut Bupati, “Berkenaan dengan itu, inilah kenapa kami hadir sebelumnya, dan pada hari ini hadir lagi. Kami memohon belas kasih karena kami tidak punya sarana dan prasarana untuk meningkatkan SDM ini, maka kami datang ke ITKES untuk menyerah diri agar bisa dibantu. Kami tidak memiliki dan membutuhkan SDM yang bagus untuk mengelola sektor kesehatan di sana, baik tenaga kesehatannya maupun manajemennya. Dan selain itu, supaya kami bisa mendapat bagian untuk anak–anak atau mahasiswa kami boleh belajar di ITKES Samarinda,” ungkap Bupati.

Baca Juga :  YOSHINOYA Restoran Beef Bowl No 1 dari Jepang Hadir di Pentacity Mall

Dan Bupati pun mengucapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada ITKES WHS.  

“Berkenaan dengan itu pula kami merasa bersyukur dan berterima kasih sebesar–besarnya, sedalam- dalamnya atas ketulusan dan niat baik Bapak Rektor dan Ketua Yayasan yang sudah membuka peluang untuk kami untuk bisa bergandengan tangan, bekerjasama di sini dalam rangka membangun SDM dari Mahalu dan untuk Indonesia,” ucap Bupati.

Bupati kemudian meminta pada pihak terkait, dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DINKES P2KB) agar menyiapkan putra putri dari Mahulu agar dapat mengikuti program belajar di ITKES WHS.

“Dan saya minta juga kepada Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan untuk menyiapkan anak-anak kita yang bisa diprogramkan di ITKES untuk mengikuti program yang ada di sini untuk memenuhi kebutuhan kita dengan baik.”

“Kemudian Bagian Kesra dan Dinas Pendidikan juga dapat mengidentifikasi beberapa kebutuhan anggaran yang diperlukan dan itu harus disiapkan, tidak ada kata- kata ada hambatan. Maka itu yang diharapkan kelancaran kita bersama, saling mendukung itu yang sangat dibutuhkan oleh ITKES pastinya, sekali lagi terima atas kesempatan yang berikan kepada kami,” tandas Bupati.

Sementara itu, Rektor ITKES WHS Eka Ananta Sitharta menyampaikan apresiasinya kepada Bupati Mahulu

“Saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Bapak Bupati, saya tahu Bapak Bupati tidak hanya ke ITKES WHS saja, tetapi Mahulu di masa yang akan datang dapat dilihat dari berapa banyak yang sedang disekolahkan oleh Bapak Bupati pada saat ini,” ucapnya.

Rektor ITKES WHS juga mengatakan, Mahulu patut bersyukur memiliki Bupati seperti Bapak Bupati ini. 

“Semoga yang dikuliahkan minimum dikirim di atas 21 orang. Apa yang akan diraih oleh Mahulu kedepannya, seperti narasi yang saya berikan. Akan maju seperti Korea, India, Malaysia dan Singapura. Dimana investasi SDM nya nampak sampai saat ini karena sumber ilmunya didatangi. Saya dari unsur pendidikan sangat mengapresiasi sekali apa yang dilakukan Bapak Bupati, karena untuk maju kuncinya adalah pendidikan,” katanya.

Baca Juga :  Mendorong Sinergi dan Kemajuan: Bupati Perkuat Dukungan terhadap Penggunaan Produk Dalam Negeri

Rektor ITKES WHS menutup sambutan dengan mengucapkan terima kasih atas kebijakan Bupati Mahulu yang akan mengirimkan mahasiswa ke ITKES. 

“Kami sangat berterima kasih, ketika dengan kebijakannya akan mengirimkan mahasiswa untuk studi pada kami. Kami juga mengucapkan terima kasih atas kehadirannya, terima kasih atas kepercayaannya insyaallah amanah yang diberikan bapak dapat dilihat 4 tahun lagi,” imbuhnya. 

Turut hadir dalam kegiatan ini, Inspektur Inspektorat Mahulu Budi Gunarjo Ompusunggu, Kepala Dinkes P2KB Petronela Tugan, Kepala Disdikbud Samson Batang, Kepala Diskominfo Markus Wan, Perwakilan BPKSDM, Bagian Pemerintahan, Bagian Hukum, Bagian Kesra, Bagian Umum dan Bagian Prokopim. (Adv)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.