UMKM di Paser Produksi Tepung Mocaf Cegah Diabetes

oleh -
Penulis: Sarrassani
Editor: Ardiansyah
Pemilik UMKM Produkalamku, Endar Widiah Ningrum, UMKM di Paser Produksi Tepung Mocaf Cegah Diabetes
Pemilik UMKM Produkalamku, Endar Widiah Ningrum, UMKM di Paser Produksi Tepung Mocaf Cegah Diabetes

BorneoFlash.com, TANA PASER – Sebagai bentuk representasi dari visi dan misi Bupati Paser, PASER MAS, Maju, Adil, dan Sejahtera, terutama dalam meningkatkan dan menggandakan nilai potensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Paser.

Pemerintah daerah terus melakukan pembinaan kepada pelaku UMKM agar mampu berhasil dan memiliki daya saing, Salah satunya, UMKM di Kelurahan Long Ikis Kabupaten Paser, Produkalamku, yang saat ini memproduksi tepung mocaf.

Tepung mocaf memiliki kandungan kalsium tiga kali lebih banyak daripada terigu. Pemilik UMKM Produkalamku, Endar Widiah Ningrum, mengatakan tepung fermentasi singkong yang ia produksi bermanfaat bagi penderita diabetes. Secara medis, kalsium berguna bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki metabolisme glukosa dalam tubuh.

“Olahan tepung mocaf bermanfaat untuk memperbaiki kondisi penyintas diabetes tipe dua,” kata alumnus Institut Pertanian Bogor (IPB) ini, Selasa (22/8/2023). 

Kemasang dari Tepung Fermentasi Singkong Mocaf
Kemasang dari Tepung Fermentasi Singkong Mocaf

Widiah mengemukakan tepung mocaf bermanfaat bagi penderita hipertensi, diabetes yang memang menghindari tepung-tepungan bergula, anak autis hiperaktif (ADHD), dan orang dengan masalah pencernaan (celiac disease). 

“Tepung ini juga kaya vitamin C yang memiliki kandungan fitoestrogen yang mencegah menopause dini,” ucapnya.

Diproses tanpa pemutih, tepung bebas protein gluten (bebas gula) ini lebih mengembang saat digunakan, dan cocok untuk pembuatan kue. 

Tepung mocaf, katanya, bisa digunakan pada seluruh jenis olahan pengganti terigu. Bisa buat memasak, bikin kue, roti, dan mie.

“Saya memperkenalkan tepung mocaf bisa menjadi alternatif pengganti tepung terigu,” kata Widiah. 

Khasiat yang terdapat dari Tepung Fermentasi Singkong Mocaf
Khasiat yang terdapat dari Tepung Fermentasi Singkong Mocaf

Produksi tepung mocaf ini baru dua minggu lalu di launching. Saat ini Widiah tengah memproses izin produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). 

Selain itu, UMKM ini juga memproduksi Cocowa (Coklat Etawa) dan Kimchi telah mengantongi ijin PIRT. Usaha ini ia geluti saat pandemi. Pemasaran produksi dari UMKM  Produkalamku banyak dilakukan secara online. Peminat bisa mengetahui lebih lanjut produknya melalui Instagram Produkalamku.

Baca Juga :  Wakapolda Kaltim Diganti, Brigjen Pol. Irlan Kustian Resmi Gantikan Brigjen Pol Eddy Sumitro Tambunan

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Paser, Yusuf, mengatakan pemerintah daerah terus melakukan pembinaan bagi UMKM dalam rangka meningkatkan kualitas produksi.

“Kegiatan pelatihan dan pembinaan, termasuk proses penerbitan PIRT kita terus lakukan,” kata Yusuf. 

Komposisi & Khasiat dari tepung mocaf
Komposisi & Khasiat dari tepung mocaf

Yusuf mengatakan di Kabupaten Paser terdapat 45 ribu lebih UMKM yang memiliki andil bagi pergerakan ekonomi daerah.

“Pelaku UMKM harus terus dibina agar mampu mandiri dan meningkatkan kualitas produksi mereka,” kata Yusuf.

Upaya ini merupakan representasi dari visi dan misi Bupati Paser, PASER MAS, yakni Maju, Adil, dan Sejahtera. Yaitu meningkatkan dan menggandakan nilai dari potensi UMKM di Paser agar agar mampu berhasil dan memiliki daya saing.

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.