Menjelajah Keunikan Desa Wisata Bontang Kuala

oleh -
Editor: Ardiansyah
Menjelajah Keunikan Desa Wisata Bontang Kuala
Menjelajah Keunikan Desa Wisata Bontang Kuala

BorneoFlash.com, WISATADesa Wisata Bontang Kuala, destinasi wisata unggulan di Kota Bontang, Kalimantan Timur, menawarkan berbagai potensi wisata yang menarik.

Desa wisata ini terletak di pesisir timur kota Bontang dan menawarkan potensi wisata yang kaya seperti seni dan budaya, kuliner, UMKM, souvenir, petualangan, ekonomi kreatif, dan edukasi.

Kampung Apung Bontang Kuala terdiri dari rumah-rumah kayu ulin yang terapung di laut Kota Bontang. Kawasan wisata Bontang Kuala menjadi salah satu tujuan wisata lokal dan mancanegara.

Desa wisata ini memiliki keunikan dalam aktivitas warganya yang menjaga keberlangsungan adat, kegiatan budaya, religi, serta hubungan kekerabatan khas nelayan Suku Bugis.

Pengunjung dapat mengakses desa wisata ini dengan menggunakan pengemudi bentor yang dimodifikasi untuk mengangkut penumpang dari tempat parkir ke dermaga.

Pengemudi bentor mengenakan biaya Rp 10.000 per orang untuk membawa wisatawan menuju dermaga, dengan jarak tempuh sekitar 5 menit. Namun, pengunjung juga bisa berjalan kaki ke dermaga dalam waktu sekitar 15 menit.

Bontang Kuala menarik karena berada di antara daratan dan laut dengan rumah panggung dan jalan kayu.

Warga membangun jembatan kayu terpanjang sebagai akses aktivitas manusia di sepanjang permukiman. Mereka menggunakan kayu ulin, jenis pohon khas Kalimantan, untuk membuat semua tiang dan papan jembatan.

Setelah sampai di dermaga, pengunjung dapat menikmati hidangan khas Bontang Kuala, Gami Bawis, ikan yang hanya ada di kota Bontang.

Namun, karena hidangan memerlukan waktu untuk disiapkan, pengunjung dapat menghabiskan waktu sore di dermaga sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Wisatawan juga dapat menikmati pemandangan laut yang indah dengan pulau-pulau kecil di depan dermaga dan aktivitas nelayan setempat yang menggunakan perahunya.

Baca Juga :  Pastikan Pekerja Memiliki JKN-KIS, BPJS Kesehatan Lakukan Kolaborasi dengan Kejati

Explore Borneo Desa Wisata Bontang Kuala adalah destinasi wisata yang luar biasa dan layak untuk dikunjungi bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.