Bupati Mahakam Ulu: Prioritaskan Pemanfaatan Lahan Kering Padi Dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan

oleh -
Editor: Ardiansyah
Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E., memprioritaskan pemanfaatan lahan kering padi dalam pembangunan untuk meningkatkan ketahanan pangan di Mahakam Ulu.
Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E., memprioritaskan pemanfaatan lahan kering padi dalam pembangunan untuk meningkatkan ketahanan pangan di Mahakam Ulu.

BorneoFlash.com, LONG PAHANGAI – Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E, memprioritaskan pemanfaatan lahan kering padi dalam pembangunan untuk meningkatkan ketahanan pangan (Ketapang).

Pada Temu Wicara Bupati Mahakam Ulu dengan petani di lokasi panen padi lahan kering 10 hektar di Kampung Long Pahangai I, Kecamatan Long Pahangai pada Jumat (23/03/23), Bupati menekankan pentingnya Program Ketapang dalam memastikan kecukupan beras dan makanan di Mahulu.

Oleh karena itu, Bupati Mahulu turut berupaya dalam mencukupi kebutuhan pangan keluarga melalui peningkatan produksi padi di Mahulu dalam Tata Kelola Hasil Panen, Bupati juga mengajak masyarakat untuk bekerja sama guna mencapai tujuan tersebut.

Dalam Keterangannya Bupati Bonifasius Belawan Geh menuturkan “kerjasama merupakan kunci utama dalam memenuhi kebutuhan pangan seperti ladang dan padi yang cukup untuk satu tahun dan kelebihan hasil panen bisa dijual untuk menghasilkan uang.” Ucap bupati

Pasalnya, cara terbaik mencapai Ketapang adalah dengan memanfaatkan lahan kering seluas 10 hektar dan dana stimulan, bibit padi, serta alat bantu pertanian dari pemerintah melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Mahulu.

Selain itu, BUMKa (Badan Usaha Milik Kampung) dapat mengatur tata kelola hasil panen dan menyesuaikan harga jual beras untuk memberikan manfaat bagi masyarakat.

Bupati Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu juga menekankan Kepada semua pihak, termasuk tokoh masyarakat dan pemerintah, turut serta dalam mendukung petani agar dapat membuka lahan dan meningkatkan produksi padi.

“Pemerintah memberikan stimulan seperti biaya tanam, alat pertanian, dan BUMK mengatur tata kelola nya yang baik sehingga terasa manfaatnya untuk masyarakat kita meningkatkan ekonomi,” lanjut Bupati.

Bupati juga mengajak masyarakat untuk bekerja sama guna mencukupi kebutuhan pangan keluarga melalui peningkatan produksi padi di Mahakam Ulu.
Bupati juga mengajak masyarakat untuk bekerja sama guna mencukupi kebutuhan pangan keluarga melalui peningkatan produksi padi di Mahakam Ulu.

Bupati mengingatkan kepada semua pihak untuk terus berperan aktif saat mengerjakan prioritas ketahanan pangan dan program Ketapang dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Mahakam ulu

Baca Juga :  Kapolresta Balikpapan Resmi Launching Program Polisi RW di Kota Balikpapan 

Kepala DKPP Mahulu, Saripudin, SE., mendukung program Ketapang dalam memenuhi kebutuhan pangan dan menjaga stabilitas di Mahulu. Ia mengajak seluruh masyarakat untuk serius dan sepakat dalam menjalankan program Ketapang. (Adv).

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.