HUT ke 22 Kabupaten Kutai Barat, FX Yapan Beberkan 19 Prestasi Pembangunan Yang Berhasil Ditorehkan

oleh -
Bupati Kutai Barat FX Yapan menyampaikan pidato pada rapat Paripurna dalam rangka HUT ke 22 Kabupaten Kubar di gedung DPRD Kutai Barat, Jumat (5/11/2021). Foto : BorneoFlash.com/Lilis Suryani.
Bupati Kutai Barat FX Yapan menyampaikan pidato pada rapat Paripurna dalam rangka HUT ke 22 Kabupaten Kubar di gedung DPRD Kutai Barat, Jumat (5/11/2021). Foto : BorneoFlash.com/Lilis Suryani.

BorneoFlash.com, SENDAWAR – Tepat pada Jumat 5 November 2021, Kabupaten Kutai Barattelah memasuki usianya yang ke-22 tahun.

 

Pada masa kepemimpinan Bupati Kutai Barat FX Yapan dan H. Edyanto Arkan untuk periode yang kedua kalinya yakni 2021-2024, pemerintah Kutai Barat telah banyak menorehkan prestasi yang sangat membanggakan mulai dari tingkat provinsi hingga prestasi tingkat nasional. 

Hal itu dibeberkan secara langsung oleh Bupati Kutai Barat FX Yapan pada rapat paripurna istimewa rangka HUT ke 22 Kabupaten Kutai Barat yang diselenggarakan di ruang rapat paripurna DPRD Kutai Barat pada Jumat (5/11/2021).

Dihadapan para peserta rapat Paripurna yang dihadiri seluruh kepala OPD dan ketua DPRD Kubar, Ridwai hingga para anggota DPRD Kubar, FX Yapan membeberkan setidaknya terdapat 19 prestasi pencapaian pembangunan yang berhasil ditorehkan, mulai dari pembangunan tingkat kesehatan, pendidikan, infrastruktur, kesejahteraan masyarakat hingga pertanian.

Ke-19 pencapaian Kabupaten Kutai Barat itu diantaranya meliputi :

  1. Opini wajar tanpa pengecualian untuk laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2020 (6 kali berturut-turut),
  2. Kutai Barat sebagai TPID berpotensi tingkat kabupaten kota,
  3. Terbaik satu bidang sektor industri HUT ke-64 provinsi Kaltim 2021,
  4. Terbaik dua bidang Dekranasda HUT ke-64 provinsi Kaltim 2021,
  5. Terbaik dua bidang pengembangan Iptek dan inovasi HUT ke-64 provinsi Kaltim 2021,
  6. Terbaik dua bidang pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan Peredaran gelap narkoba HUT- 64 provinsi Kaltim 2021,
  7. Terbaik dua bidang peningkatan pelayanan publik kategori Kabupaten industri HUT 64 provinsi Kaltim 2021,
  8. Terbaik 3 bidang sektor perdagangan HUT ke-64 provinsi Kaltim 2021,
  9. Terbaik tiga bidang sektor koperasi industri HUT ke- 64 provinsi Kaltim 2021,
  10. Terbaik tiga bidang penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Daerah HUT ke 64 Provinsi Kaltim tahun 2021,
  11. Dinas ketahanan pangan Kota Barat juara kategori penampilan terbaik pada festival pangan lokal tingkat provinsi tahun 2021,
  12. Tim penggerak PKK Kutai Barat meraih juara kategori penampilan terbaik untuk paket Lunch Box pada festival pangan tingkat provinsi tahun 2021,
  13. Lomba kompetensi inovasi pelayanan publik di lingkungan Kementerian daerah BUMN dan BUMD masuk top 45 terpuji secara nasional,
  14. Juara 1 lomba usaha peningkatan pendapatan keluarga atau UP2K,
  15. Juara 3 lomba penyuluhan pola asuh anak dan remaja pada HKG PKK tingkat provinsi Kaltim tahun 2021,
  16. Juara 3 kategori serat alam pada penghargaan dekranasda Kaltim Awards 2021,
  17. Juara 3 kategori Kayu pada penghargaan Dekranasda Kaltim Awards 2021,
  18. Juara toko 45 inovasi pelayanan publik tahun 2021 inovasi TEKA TEKI oleh UPTD Puskesmas Barong Tongkok, dan
  19. Penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia atas masyarakat hutan adat Kampung Juaq Asa juara 2 nasional lomba Wana Lestari tahun 2021 kategori pengelolaan hutan adat. 

” Tentu saja Pemerintah Kabupaten Kutai Barat menyadari seluruh cabang ini tak lepas dari dukungan keterlibatan dan partisipasi aktif dan nyata yang diberikan oleh seluruh pihak terkait dan seluruh elemen masyarakat,” ujar Bupati Kutai Barat FX Yapan. 

Politisi PDIP itu juga menegaskan kepada seluruh jajarannya agar meningkatkan koordinasi dan sinergitas yang baik pada pembangunan Kutai Barat ke depan. 

” Berangkat dari hal ini kembali saya tekankan kepada seluruh pihak tanpa terkecuali untuk tetap saling menjaga dan meningkatkan sinergitas yang baik serta positif dalam rangka mengawal dan berpartisipasi dalam suksesnya pembangunan di Kutai Barat melalui seluruh fokus bidang pembangunan terutama dalam mengupayakan apa yang telah lama menjadi harapan serta aspirasi masyarakat untuk mewujudkan Kutai Barat semakin adil Mandiri dan sejahtera berlandaskan ekonomi kerakyatan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia,” kata FX Yapan.

Selain itu, pada momen HUT ke 22 Kabupaten Kutai Barat ini, Pemkab Kubar juga menggelar kegiatan vaksinasi massal sebanyak 3.000 dosis. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat dalam rangka pengembangan dan pencegahan Pandemi Covid-19. 

(BorneoFlash.com/Lilis)

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.