Penentuan dan Kriteria Peringkat ke-3 Terbaik Fase Grup Euro 2024

oleh -
Penulis: Redaksi
Editor: Ardiansyah
Opening ceremony Euro 2024 di Allianz Arena. Foto: AP Photo-Sergei Grits
Opening ceremony Euro 2024 di Allianz Arena. Foto: AP Photo-Sergei Grits

BorneoFlash.com – Klasemen peringkat ketiga terbaik di Euro 2024. Empat dari enam peringkat ketiga Euro 2024 akan mendapat tempat di babak 16 Besar.

 

Matchday ke-2 fase grup Euro 2024 selesai dimainkan, dengan laga Belgia vs Rumania sebagai partai terakhir. Belgia menang dengan skor 2-0 pada duel di Stadion Cologne tersebut.

 

Sejauh ini, baru ada tiga negara yang lolos ke babak 16 Besar. Tiga negara itu adalah Jerman, Spanyol, dan Portugal. Jadi, masih ada 13 negara yang bersaing lolos ke babak gugur.

 

Sementara, Polandia jadi satu-satunya negara yang tidak lagi berpeluang lolos ke babak 16 Besar. Polandia dipastikan jadi juru kunci klasemen Grup D, walau pada laga terakhir melawan Prancis meraih kemenangan.

 

Setelah semua laga fase grup dimainkan, Euro 2024 akan berlanjut ke babak gugur. Babak ini akan dimulai dengan 16 Besar. Jadi, bakal ada 16 negara yang lolos dari fase grup ke babak gugur.

 

Ada tiga kriteria yang membuat negara bisa lolos ke babak 16 Besar yakni:

  • Juara grup
  • Runner-up grup
  • Peringkat tiga terbaik

 

Babak gugur sendiri akan dimulai pada 29 Juni yang akan datang. Pada fase ini, setiap tim memainkan satu laga. Jika skor imbang imbang pada waktu normal, maka laga dilanjutkan ke extra time hingga adu penalti.

 

Penentuan Peringkat ke-3 Terbaik

Selain juara dan runner-up grup, seperti yang sudah dibahas di atas, ada peringkat tiga terbaik yang bisa lolos ke babak 16 Besar.

 

Tentu tidak semua peringkat tiga yang bisa lolos. Hanya empat dari enam tim peringkat ketiga yang lolos ke babak 16 Besar. 

Baca Juga :  Hasil Drawing Liga Champions 2021-2022, PSG Jumpa M. City di Grup A 

 

Berikut adalah kriteria penentuan klasemen peringkat tiga terbaik Euro 2024:

  • Poin;
  • Selisih gol;
  • Jumlah gol yang dicetak;
  • Kemenangan;
  • Total poin disiplin yang lebih rendah;
  • Peringkat keseluruhan Kualifikasi Eropa, atau jika tuan rumah Jerman terlibat dalam perbandingan, dilakukan pengundian.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.