Datangkan Potensi Wisata, Pemkab Mahulu Hadiri Bekot Adat Ne’Laam dan Nemlaai di Kampung Long Tuyoq

oleh -
Editor: Ardiansyah
Upacara Adat Bekot Adat Ne’Laam dan Nemlaai yang merupakan sebuah tradisi luhur dalam rangka memperingati Hari Jadi Kampung Long Tuyoq yang ke-120, Sabtu (15/06/2024). Foto: HO/Prokopim Mahulu
Upacara Adat Bekot Adat Ne’Laam dan Nemlaai yang merupakan sebuah tradisi luhur dalam rangka memperingati Hari Jadi Kampung Long Tuyoq yang ke-120, Sabtu (15/06/2024). Foto: HO/Prokopim Mahulu

BorneoFlash.com, UJOH BILANG – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kampung Long Tuyoq yang ke-120, mewakili Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, Sekretaris Daerah (Sekda) Mahulu Stephanus Madang menghadiri dan membuka rangkaian acara yang terdiri dari Upacara adat Bekot Adat Ne’Laam dan Nemlaai di Kampung Long Tuyoq Kecamatan Long Pahangai, Sabtu (15/06/2024).

 

Hari Jadi Kampung Long Tuyoq yang ke 120 tahun ini dirangkaikan dengan diselenggarakan Upacara Adat Bekot Adat Ne’Laam dan Nemlaai yang merupakan sebuah tradisi luhur yang sudah mengakar dalam kehidupan masyarakat kampung long tuyoq dalam menjaga warisan leluhur.

 

Perayaan ini akan berlangsung Sejak 16 Juni hingga 22 Juni 2024, yang mana Upacara adat Ne’Laam dilaksanakan dari tanggal 16 Juni hingga 18 Juni dirumah masing-masing peserta dan sementara Upacara Adat Nemlaai dilaksanakan dari tanggal 19 Juni hingga 21 Juni di Amin Mesaat Kampung Long Tuyoq (Amin Ayaaq Long Gelaat).

 

“Saya memiliki beberapa harapan besar untuk Kampung Long Tuyoq dan masyarakatnya yang mana harapannya Upacara ini terus dilestarikan dan diwariskan kepada generasi muda. Dengan begitu, identitas dan jati diri kita sebagai masyarakat adat Long Tuyoq akan tetap terjaga dan tidak akan terlupakan oleh perkembangan Zaman,” ucap Sekda Mahulu Stephanus Madang dalam membacakan Sambutan Bupati Mahulu Bonifasius.

 

Sekda Mahulu berharap melalui Upacara Adat Ne’Laam dan Nemlaai dapat membawa semangat gotong royong dan kebersamaan dalam kehidupan sehari-hari dan juga melalui momentum perayaan ini dapat menarik banyak pengunjung baik dari dalam maupun luar sehingga potensi ekonomi dalam sektor pariwisata dan kerajinan tangan dapat berkembang dan terekspos.

Baca Juga :  Dispar Kubar dan Pihak Perusahaan Bahas Upaya Menjaga Objek Wisata di Kecamatan Bentian Besar

 

“Oleh sebab itu perlu diperhatikan penyusunan kalender acara (Calendar Of Event) yang mencangkup seluruh kegiatan budaya dan pariwisata di Kabupaten Mahulu, karena ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan daya Tarik wisatawan domestik dan mancanegara, sebab melalui Calendar Of Event  dapat memudahkan informasi kepada wisatawan untuk merencanakan kunjungannya,” katanya.

 

Lanjut Sekda Mahulu mengucapkan atas nama Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu mengucapkan Apresiasi dan Terima Kasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam mensukseskan acara ini. Semoga semua rangkaian acara ini berjalan dengan lancar dan penuh berkah.

 

“Selamat merayakan Hari Jadi Kampung Long Tuyoq yang ke 120 Tahun, Mari kita nikmati momen ini bersama dengan penuh suka cita dan kebanggaan,” kata Stephanus Madang.

 

Turut hadir Kepala Adat Besar atau Temenggung suku Kayan Mendalam Kalimantan Barat Benediktus Himang, Kepala Adat suku Bahau Busang Samarinda Edmondus, Dewan Adat Kabupaten Mahulu Avung, Camat Kecamatan Long Pahangai Thomas Ding, Kepala Bagian Prokopim Christianus Arie Dedy Bang, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Lorensius Liah, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kresensius Charles, Kapolsek Long Pahangai, Danramil Long Pahangai dan Para Petinggi.(Adv/*Prokopim Mahulu)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.