Sekda Masuk Tiga Besar ADLG Award 2024: Bukti Kepemimpinan Visioner dalam Transformasi Digital

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Sekda Balikpapan Muhaimin (tengah) bersama Tim Visitasi ADLG Award 2024, di VIP Room Balai Kota Balikpapan, Kamis (13/6/2024).
Sekda Balikpapan Muhaimin (tengah) bersama Tim Visitasi ADLG Award 2024, di VIP Room Balai Kota Balikpapan, Kamis (13/6/2024).

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Balikpapan, H. Muhaimin, meraih prestasi membanggakan dengan masuk ke dalam nominasi tiga besar Askompsi Digital Leadership Government (ADLG) Award Tahun 2024.

 

Keberhasilan ini mengantarkan Sekda Muhaimin untuk menerima kunjungan Tim Visitasi ADLG Award 2024 di VIP Room Balai Kota Balikpapan, Kamis (13/6/2024). Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan penyesuaian data dan melihat secara langsung implementasi digitalisasi di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan.

 

Penyelenggaraan ADLG Award 2024 oleh Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) merupakan bentuk apresiasi terhadap kepemimpinan Sekretaris Daerah yang menunjukkan kinerja digital.

 

Selain itu, penghargaan ini juga menjadi wujud dukungan terhadap implementasi Peraturan Presiden (Perpres) No. 82 Tahun 2023 tentang Percepatan Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital Nasional, serta Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri RI Nomor 000.9.3.2/82/SJ tentang Peran Pemerintah Daerah dalam Percepatan Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital Nasional.

Sekda Balikpapan Muhaimin Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri
Sekda Balikpapan Muhaimin Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri

Sekda Muhaimin dalam sambutannya menyampaikan bahwa penilaian ini bukan hanya tentang mencari kemenangan, melainkan untuk menunjukkan komitmen pemerintah daerah, khususnya Sekda sebagai koordinator Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE), dalam memberikan pelayanan yang cepat, tepat, dan memadai, terutama di bidang pelayanan digital.

 

“Penilaian ini menjadi evaluasi sejauh mana pelayanan berbasis digital yang kita berikan, baik kepada internal maupun kepada masyarakat. Ini menjadi bahan evaluasi dan perbaikan untuk ke depannya,” ujar Sekda Muhaimin usai pertemuan dengan Tim Visitasi Askompsi ADLG Award 2024.

 

Pada tahap selanjutnya, Sekda Balikpapan akan mengikuti penilaian dengan memberikan pemaparan di Kementerian Dalam Negeri pada tanggal 27 Juni 2024 bersama dua finalis lainnya, yaitu Kota Cimahi dan Kota Mojokerto.

Baca Juga :  Sambut Hari Raya Idul Adha RDMP Balikpapan JO Salurkan Bantuan Hewan Kurban

 

Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kota Balikpapan, dr. Andi Sri Juliarty, menjelaskan bahwa nominasi Sekda Balikpapan dalam ADLG Award 2024 ini bukan didasarkan pada kinerja organisasi, melainkan kepemimpinan pribadi Sekda Muhaimin dalam mendorong transformasi digital.

 

“Penghargaan ini diberikan atas kemampuan beliau memimpin dan memotivasi seluruh timnya untuk bekerja dengan mindset digital,” ungkap dr. Andi Sri Juliarty.

 

Salah satu contoh penerapan digitalisasi yang digagas Sekda Balikpapan adalah penggunaan E-Office. “Melalui E-Office, surat-surat arahan dapat diterima dengan cepat, sehingga penggunaan kertas berkurang dan respon Bapak Sekda dalam menjawab disposisi pun lebih cepat,” tutur dr. Andi Sri Juliarty.

 

Meskipun memiliki kesibukan yang padat, Sekda Muhaimin tetap dapat memantau dan mendisposisi surat melalui E-Office. Implementasi E-Office ini dikoordinasikan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Balikpapan.

 

Pencapaian Sekda Balikpapan dalam ADLG Award 2024 ini patut diapresiasi sebagai bukti komitmen dan kepemimpinannya dalam mendorong transformasi digital di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan. (Adv)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.