Dapat Laporan Warga, DLH Balikpapan Turun ke Lapangan Telusuri Asal Limbah 

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan Bergerak Cepat ke lapangan untuk  Membersihkan dan menelusuri tumpahan limbah minyak di area pemukiman atas air di Kelurahan Margasari, Kecamatan Balikpapan Barat, pada hari Jumat (24/5/2024). Foto: BorneoFlash/IST
Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan Bergerak Cepat ke lapangan untuk  Membersihkan dan menelusuri tumpahan limbah minyak di area pemukiman atas air di Kelurahan Margasari, Kecamatan Balikpapan Barat, pada hari Jumat (24/5/2024). Foto: BorneoFlash/IST

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) segera turun ke lapangan setelah menerima laporan dari warga terkait tumpahan limbah minyak di Kelurahan Margasari, Kecamatan Balikpapan Barat. Insiden ini terjadi pada Jumat (24/5/2024).

Kepala DLH Balikpapan, Sudirman Djayaleksana, menjelaskan bahwa pihaknya langsung bergerak cepat untuk menelusuri dan membersihkan tumpahan limbah minyak tersebut. “Kami langsung bergerak cepat, untuk menelusuri dari mana sumber limbah minyak ini,” jelasnya kepada awak media.

Kepala DLH Kota Balikpapan, Sudirman Djayaleksana. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.
Kepala DLH Kota Balikpapan, Sudirman Djayaleksana. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.

Partisipasi Warga dalam Membersihkan Tumpahan

Lurah Marga Sari, Hendra Wijaya Prawira, menyebutkan bahwa sekitar 30 warga setempat turut serta dalam membersihkan tumpahan limbah minyak. “Sekitar 30 warga turun langsung membersihkan tumpahan limbah minyak,” terangnya.

Pengaruh Air Laut Pasang pada Tumpahan Limbah

Tumpahan minyak ini terjadi saat air laut sedang pasang, sehingga menyasar ke permukiman penduduk. Oleh karena itu, langkah cepat perlu diambil untuk mengatasi situasi ini. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan juga melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan mengambil sampel minyak yang tumpah.

Kerugian dan Kekhawatiran Warga Margasari

Ketua RT 06 Kelurahan Margasari Kecamatan Balikpapan Barat, Sani, menyampaikan bahwa tumpahan limbah minyak ini sangat merugikan warga sekitar. “Ini sangat merugikan semua warga,” ujarnya. Warga harus menghirup bau menyengat dari minyak tersebut.

Bahaya Potensial Kebakaran

Sani juga mengkhawatirkan potensi kebakaran jika ada yang membuang puntung rokok sembarangan. Ia mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam beraktivitas di sekitar lokasi tumpahan. “Kita minta solusi secepatnya, karena ini dalam keadaan mengalir dan posisi air mulai naik. Kalau bisa segera dicegah,” terangnya.

Kerja Sama DLH dan Warga dalam Penanganan Tumpahan

Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan dan warga bekerja sama dalam membersihkan tumpahan limbah minyak di permukiman atas air di Kelurahan Margasari, Kecamatan Balikpapan Barat. Langkah cepat ini diharapkan dapat mengurangi dampak negatif tumpahan minyak terhadap lingkungan dan kesehatan warga.

 

Baca Juga :  Zodiak Hari Ini Senin 12 Desember 2022, AQUARIUS: Seringkali Kamu Menolak Memahami Pemikiran Orang Lain

Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan dan warga ikut membantu membersihkan Tumpahan limbah minyak di area pemukiman atas air di Kelurahan Margasari, Kecamatan Balikpapan Barat, pada hari Jumat (24/5/2024).  Foto: BorneoFlash/IST

Dalam menghadapi insiden tumpahan limbah minyak di Kelurahan Margasari, Kecamatan Balikpapan Barat, sinergi antara Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan dan warga setempat menjadi kunci utama. (Adv)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.