Pemkab Paser Gelar Upacara Peringatan Harkitnas Ke-116: Ajak Masyarakat Ambil Peran dalam Pembangunan Bangsa

oleh -
Editor: Ardiansyah
Upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 di Halaman Kantor Bupati Paser, pada Senin (20/5/2024). Foto: HO/Media Center Paser
Upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 di Halaman Kantor Bupati Paser, pada Senin (20/5/2024). Foto: HO/Media Center Paser

BorneoFlash.com, TANA PASER – Untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 tahun 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser menggelar upacara di Halaman Kantor Bupati Paser pada Senin (20/5/2024). 

 

Upacara yang dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Paser, Romif Erwinadi yang mewakili Bupati Paser Fahmi Fadli, diikuti unsur Forkopimda, anggota Kodim 0904/Paser, Polres Paser, Brimob, Satpol PP Dishub, Taruna Latsitarda Nusantara, Mahasiswa, pelajar dan Organisasi Kemasyarakatan. 

 

Romif Erwinadi menyampaikan kepada masyarakat untuk meneruskan semangat perjuangan kebangkitan yang telah ditanamkan oleh para pendiri bangsa Indonesia. 

 

“Hari ini, kita berada di fase kebangkitan kedua, yang akan berbeda perjuangannya dengan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu. Kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru, kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru,” kata Romif membacakan amanat Bupati Paser. 

 

Romif juga menyinggung tentang kemajuan teknologi saat ini yang begitu masif yang menyertai kehidupan sehari-hari dan telah menjadi bagian dari peradaban sekarang ini. Inovasi teknologi pun juga telah menjadikan perubahan kehidupan manusia secara revolusioner. 

 

“Ada begitu banyak kesulitan yang berhasil diselesaikan oleh teknologi. Mereka yang menguasai teknologi, akan menguasai peradaban. Pada titik ini, gambarannya makin jelas, penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan bagi kita untuk menyongsong Indonesia Emas,” ucapnya menambahkan. 

 

Seperti halnya yang selalu disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo, Indonesia memiliki peluang untuk menjadi negara yang maju dalam 10 hingga 15 tahun kedepan dengan demografi yang dipunyai bangsa ini. 

 

“Kita tidak boleh keliru dalam memilih langkah, dalam aspek bisnis, sosial, dan ekonomi. Transformasi digital dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi, serta meningkatkan produktivitas dan profitabilitas bisnis,” kata Romif. 

Baca Juga :  Memasuki Usia Lanjut, Sumaryono Rasakan Manfaat Program JKN-KIS

 

Sementara dalam aspek sosial dan lingkungan, transformasi digital mampu meningkatkan akses terhadap berbagai teknologi untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. 

 

Pencanangan percepatan transformasi digital nasional, juga telah dipacu oleh Presiden RI dalam beberapa tahun terakhir ini dengan tantangan demi tantangan yang dapat dihadapi bersama. 

 

“Kerja bersama dari seluruh komponen bangsa, telah menggerakkan roda transformasi dengan pasti. Hasil demi hasil bisa mulai dinikmati, mulai dari kalangan perkotaan sampai dengan pedesaan di seluruh penjuru tanah air,” ulasnya. 

 

Romif menilai hal-hal yang harus ditanamkan dalam diri kita saat ini yaitu harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan serta berani dan mampu mengambil peran dalam mengisi pembangunan bangsa. 

 

“Keberadaan IKN Nusantara di Kaltim harus ditangkap sebagai peluang untuk menggali dan memperluas potensi-potensi yang kita miliki, jangan sampai kita hanya jadi penonton dalam setiap tahapan pembangunan,” katanya. 

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Romif Erwinadi Pimpin Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 tahun 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser menggelar upacara di Halaman Kantor Bupati Paser pada Senin (20/5/2024). Foto: HO/Media Center Paser
Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Paser, Romif Erwinadi Pimpin Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 tahun 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser menggelar upacara di Halaman Kantor Bupati Paser pada Senin (20/5/2024). Foto: HO/Media Center Paser

Sebagai mitra strategis IKN, masyarakatnya harus mampu menunjukan bahwa Tana Paser merupakan daerah yang mampu berjalan beriringan dalam membersamai kemajuan pembangunan. 

 

Hal ini terbukti dengan kawasan pengembangan Paser Smart City. 

 

“Sampai sekarang, telah banyak inovasi-inovasi yang dipersembahkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang cepat, tepat dan mudah diakses kapanpun dan dimanapun,” ucap Romif. (*/Adv)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.