Apple Bakal Gandeng OpenAI demi ChatGPT di iPhone

oleh -
Editor: Ardiansyah
Ilustrasi ChatGPT.
Ilustrasi ChatGPT.

BorneoFlash.com, TECNO – Apple disebut hampir memastikan kerja samanya dengan OpenAI untuk menghadirkan teknologi startup tersebut di iPhone.

 

Teknologi yang dimaksud ini tentulah ChatGPT, yang bakal dijadikan fitur di dalam iOS 18. Kabar ini berasal dari sumber yang mengetahui soal perjanjian kerja sama ini namun menolak disebutkan namanya.

 

Dihadirkannya ChatGPT di dalam iOS 18 ini adalah salah satu langkah Apple untuk menghadirkan fitur kecerdasan buatan di iPhone, demikian dikutip BorneoFlash.com dari Detik, Senin (13/5/2024).

 

Apple pun disebut tengah berdiskusi dengan Alphabet untuk lisensi penggunaan chatbot Gemini. Namun pembicaraan tersebut kabarnya masih jauh dari kata sepakat.

 

Jika kerjasama Apple dengan OpenAI benar terjadi, chatbot ChatGPT tentu aja menjadi salah satu fitur berbasis AI yang dihadirkan di iOS 18, yang akan dirilis di ajang WWDC 2024 Juni mendatang.

 

Sebelumnya dilaporkan pembicaraan kerja sama antara Apple dengan OpenAI semakin intensif pada April lalu. Namun tak ada jaminan kerja sama antara keduanya bakal terjadi, karena bisa saja keduanya tak mencapai kata sepakat.

 

Baik Apple, OpenAI, maupun Google menolak untuk berkomentar mengenai masalah ini.

 

Apple sebelumnya juga sudah mengungkap akan menjadikan AI sebagai topik utama di WWDC 2024. Salah satu langkah untuk mendukung rencana tersebut adalah membuat data center untuk pengolahan AI yang menggunakan chip buatan mereka, yaitu M2 Ultra.

 

Sebelumnya CEO Apple Tim Cook juga pernah mengungkap kalau ia secara pribadi menggunakan ChatGPT. Namun menurutnya chatbot itu masih punya sejumlah masalah yang perlu diperbaiki.

 

Ia pun menyebut kalau Apple akan punya keunggulan di ranah AI, sekalipun terlambat masuk ke ranah ini dibanding para pesaingnya, seperti Google dan Microsoft.

Baca Juga :  Pilihan Motor Nyaman dan Fungsional Dengan Harga Terjangkau

 

“Kami percaya kekuatan transformatif dan janji dari AI, dan kami percaya kami punya keunggulan yang akan membedakan kami di era baru ini, termasuk kombinasi unik dari hardware, software, dan integrasi layanan yang dimiliki Apple,” kata Cook dalam earning call bersama para investornya. (*)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.