Berikut 5 Makanan yang Bikin Mood Bagus dan Perbaiki Suasana Hati

oleh -
Editor: Ardiansyah
Ilustrasi: cokelat hitam juga dikenal dapat meningkatkan mood
Ilustrasi: cokelat hitam juga dikenal dapat meningkatkan mood

BorneoFlash.com, KESEHATAN – Makanan yang bisa membuat mood bagus terbukti bisa memperbaiki suasana hati. Makanan ini termasuk buah-buahan segar seperti stroberi, blueberry, dan alpukat yang kaya akan antioksidan dan nutrisi. 

 

Selain itu, cokelat hitam juga dikenal dapat meningkatkan mood. Ini karena makanan tersebut mengandung flavonoidnya yang dapat merangsang produksi serotonin dalam otak. 

 

Belakangan, makanan yang memperbaiki suasana hati menjadi semakin populer secara global. Ini karena orang-orang mencari makna dan kesehatan dari apa yang mereka makan. 

 

Berikut makanan yang bisa membuat mood bagus dilansir BorneoFlas.com dari Times of India, Sabtu (20/4/2024):

 

  1. Makanan Fermentasi 

Yogurt, kombucha, dan kimchi adalah makanan ramah usus yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kadar serotonin. Mayoritas serotonin tubuh diproduksi di mikrobioma usus dan serotonin mempengaruhi segalanya mulai dari nafsu makan, suasana hati, kesehatan seksual, dan respons stres.

 

  1. Makanan Kaya Folat 

Bayam, delima, asparagus, kubis brussel. berdampak positif pada neurotransmitter yang bertanggung jawab untuk meningkatkan perasaan sehat dan bahagia.

 

  1. Protein Tanpa Lemak dan Lemak Sehat 

Lentil, ayam, telur, salmon menyeimbangkan kadar gula darah dan memberikan rasa kenyang. Makanan seperti tahu, coklat hitam, alpukat sangat bagus untuk kesehatan otak dan juga berfungsi sebagai pengangkat suasana hati.

 

  1. Karbohidrat Kompleks 

Oatmeal, stroberi, buncis, apel, dan biji labu memerangi fluktuasi kadar gula darah yang dapat menyebabkan mudah tersinggung dan bahkan depresi.

 

  1. Pisang dan Beri 

Diperkaya dengan Vitamin B6, meningkatkan kadar serotonin dan dopamin yang meningkatkan mood. Pisang juga menurunkan kadar gula darah karena gula dilepaskan secara perlahan ke dalam aliran darah. 

Baca Juga :  310 Pedagang Pandansari Laksanakan Vaksinasi Tahap II

 

“Memasukkan buah beri seperti gooseberry, blackberry, blueberry, dan stroberi ke dalam diet rendah karbohidrat dapat mengubah penurunan berat badan dan kesejahteraan secara keseluruhan,” kata ahli gizi olahraga dan fungsional SENS Clinic Deepal Pal. 

 

“Kaya polifenol, buah beri ini meningkatkan kekebalan dan membantu menangkal alergi, penyakit, dan penyakit tertentu. Buah beri kaya akan antosianin dan dapat menurunkan risiko depresi hingga 40 persen,” tandasnya.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.