Selama Sepekan, Tim Gabungan Berikan Pengamanan di Pantai Manggar 

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Pantai Manggar Segara Sari Kota Balikpapan. Foto: BorneoFlash/Ist
Pantai Manggar Segara Sari Kota Balikpapan. Foto: BorneoFlash/Ist

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Salah satu destinasi wisata di Kota Balikpapan yakni Pantai Manggar Segara Sari, menjadi salah satu tempat yang banyak diminati pengunjung baik dari Balikpapan maupun luar Balikpapan.

 

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan, Ratih Kusuma menyampaikan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengunjung. Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melalui jajaran dinas terkait bekerja sama dengan TNI Polri, melakukan pengamanan kepada para pengunjung Pantai Manggar Segara Sari, saat lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. 

 

Sebanyak 50 personil diturunkan DPOP Balikpapan untuk melakukan pengamanan yang terbagi dalam beberapa shift. 

 

“Kami bagi tugas, ada shift pagi dan sore. Kita mulai melakukan pengamanan dari tanggal 10-16 April 2024, dari pukul 07:00-18:00 WITA dengan sistem satu jalur. Jadi masuk melalui pintu masuk Manggar dan keluar ke arah jalan Dandito,” jelasnya kepada media.

 

Selain itu, pihaknya menyiapkan enam kantong parkir bagi kendaraan roda dua, roda empat dan bus, yang akan berkunjung di Pantai Manggar Segara Sari.

 

“Kalau sudah penuh setiap kantong parkir yang disediakan, maka pihaknya akan membuat aturan buka tutup dulu sementara, karena kalau orang berwisata belum tentu satu jam tapi mulai dari pagi hingga sore baru pulang,” terangnya.

 

Pihaknya meminta bantuan dari Kelompok Sadar Pariwisata (Pokdarwis) yang ada di Pantai Manggar, untuk membantu mengarahkan penempatan parkir. “Dimana mereka harus ditempatkan, karena ada enam kantong parkir,” terangnya.

 

Pihaknya juga memberikan layanan evakuasi ambulans. Pengamanan yang diberikan dengan menempatkan lifeguard untuk berada di titik pengamanan, apalagi Pantai Manggar ini baru mempunyai growing refreshment, sehingga harus diberikan tanda larangan.

Baca Juga :  Puluhan Prajurit Kodim 0912/KBR Dilakukan Tes Urine Secara Acak, Diawasi Langsung Oleh Intel Kodam
Pantai Manggar Segara Sari Kota Balikpapan. Foto: BorneoFlash/Ist
Pantai Manggar Segara Sari Kota Balikpapan. Foto: BorneoFlash/Ist

“Yang mana boleh mereka berenang dan yang mana tidak. Kita akan terus memberitahukan kepada pengunjung untuk lebih berhati-hati menjaga anak-anak. Jangan sampai terlepas dari rombongan,” ucapnya.

 

Tak hanya itu, pihaknya juga membuat publikasi, khusus untuk jalur evakuasi, pintu masuk dan keluar dan pos terpadu, dengan memasang rambu-rambu maupun spanduk yang ada disekitar area tersebut.

 

Termasuk, pihaknya bersurat ke PDAM dan PLN untuk bisa membantu pelayanan listrik dan air di Pantai Manggar, selama masa liburan lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, sehingga pengunjung merasa nyaman.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.