Pemkab Kubar Hadirkan Gerakan Pangan Murah, Tekan Harga Pasar Menjelang Idul Fitri

oleh -
Penulis: Lilis
Editor: Ardiansyah
Bupati Kubar yang diwakili oleh Assisten I Setkab Faustinus Syaidirahman meninjau acara Gerakan Pangan Murah di Halaman Kantor Kecamatan Melak pada Senin (1/4/2024). Foto: BorneoFlash/Ist
Bupati Kubar yang diwakili oleh Assisten I Setkab Faustinus Syaidirahman meninjau acara Gerakan Pangan Murah di Halaman Kantor Kecamatan Melak pada Senin (1/4/2024). Foto: BorneoFlash/Ist

BorneoFlash.com, SENDAWAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Barat (Kubar) mengikuti apel siaga pengamanan pasokan dan harga pangan jelang idul fitri tahun 2024 di Halaman Kantor Kecamatan Melak pada Senin (1/4/2024).

 

Apel siaga yang digelar pada pagi hari tersebut juga digelar gerakan pangan murah oleh Dinas Ketahan Pangan Kutai Barat dalam rangka stabilitas harga pangan dan pasokan pangan.

 

Kehadiran Bupati yang diwakili oleh Assisten I Setkab Kubar Faustinus Syaidirahman mengungkapkan bahwa Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi adanya kegiatan Gerakan Pangan Murah menjelang Idul Fitri ini, yang mana dapat menekan harga pasar hingga terjangkau oleh seluruh masyarakat di Kabupaten Kutai Barat.

 

“Karena ini adalah satu langkah yang dilakukan Pemerintah Daerah juga sangat mendukung, terutama dari Dinas atau OPD terkait. Karena ini akan membantu masyarakat secara khususnya di Kutai Barat untuk menjangkau harga.”

 

“Karena kita tahu menjelang Lebaran ini harga sedikit melonjak. Tetapi dengan adanya kegiatan semacam ini, sehingga harga bisa terkendali,  di hampir seluruh wilayah Kutai Barat, itu bisa dikendalikan. Karena kegiatan ini bukan hanya dipusatkan di satu kecamatan saja, tetapi di semua kecamatan, di 16 kecamatan yang berada di Kabupaten Kutai Barat,” kata Faustinus Syaidirahman dalam wawancara usai meninjau posko pangan murah.

 

Ia juga berharap bahwa dengan adanya Gerakan Pangan Murah ini dapat menekan harga pasar yang cenderung naik, dapat stabil hingga bisa terjangkau oleh seluruh warga Kutai Barat. Agar masyarakat tidak perlu resah karena harga pangan tidak terjadi lonjakan.

 

“Jadi, itu yang kita harapkan dari gerakan yang dilaksanakan pada hari ini, jadi bukan hanya sekedar seremoni tetapi juga berlanjut sampai kedepannya, itu yang kita harapkan dari langkah yang sudah dilakukan oleh pemerintah yang dilakukan pada saat ini,” ungkap Assisten I.

Baca Juga :  Deteksi Dini Potensi Karhutla, Polda Kaltim Launching Aplikasi Lembuswana

 

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kutai Barat, Rion menjelaskan bahwa Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan menjelang Idul Fitri tahun 2024 ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dan Gerakan Pangan Murah ini dilaksanakan di Kelurahan Melak Ulu.

 

Gerakan Pangan Murah ini katanya, dilaksanakan dalam rangka stabilitas harga pangan dan pasokan pangan menjelang hari raya lebaran ini merupakan gerakan ke-13, dimana pada hari ini dilaksanakan di Kecamatan Melak dan masih tersisa 3 Kecamatan yakni Kecamatan Sekolaq Darat, Muara Pahu dan Kecamatan Penyinggahan.

Gerakan Pangan Murah ini digelar agar dapat menekan harga pasar hingga terjangkau oleh seluruh masyarakat di Kabupaten Kutai Barat. Foto: BorneoFlash/Ist
Gerakan Pangan Murah ini digelar agar dapat menekan harga pasar hingga terjangkau oleh seluruh masyarakat di Kabupaten Kutai Barat. Foto: BorneoFlash/Ist

Dan pada gerakan pangan murah tersebut komoditas yang disediakan yaitu Beras SPHP 5 Kg seharga Rp 51.250 ribu, Beras Kita Premium 5Kg Rp 70 ribu dan Minyak Goreng Promo per liter Rp 17 ribu. 

 

Sedangkan harga Gula Konsumsi per kilogram yaitu Rp 17 ribu, lalu Telur Ayam seharga Rp 58 ribu per piring. Kemudian Bawang Merah Rp 33 ribu per kilo dan Bawang Putih Rp 38 ribu perkilo.

 

“Jadi cukup murah, semoga dapat membantu masyarakat dan masyarakat dapat melaksanakan ibadah puasa dengan tenang,” kata Rion dalam wawancara.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.