Berikut 7 Gejala Awal Ginjal Bermasalah yang Tidak Boleh Disepelekan

oleh -
Editor: Ardiansyah
Ciri-ciri ginjal tidak sehat.Foto: iStockphoto/Ivan-balvan
Ciri-ciri ginjal tidak sehat. Foto: iStockphoto/Ivan-balvan

BorneoFlash.com, KESEHATAN – Ginjal yang bermasalah dapat memunculkan berbagai macam gejala. Terkadang, gejala awal ginjal bermasalah mirip dengan kondisi umum, sehingga kerap terabaikan dan terlambat dideteksi.

 

Jika ginjal yang bermasalah tidak ditangani sesegera mungkin, penyakitnya bisa berkembang dan menyebabkan komplikasi lebih parah. Tak hanya itu, peluang untuk bisa sembuh juga semakin kecil.

 

Maka dari itu, penting untuk selalu mewaspadai gejala awal ginjal yang bermasalah. Meski terkesan sepele, tanda-tanda yang muncul pada tubuh dapat menjadi peringatan awal bahwa kesehatan ginjal sedang terganggu.

 

Lantas, bagaimana cara mengetahui gejala awal ginjal bermasalah? Memang, beberapa gejala penyakit ginjal dapat berupa kondisi umum seperti mual atau kelelahan. 

 

Namun, jika gejala-gejala tersebut muncul secara bersamaan, perlu diwaspadai karena bisa menjadi indikasi ginjal bermasalah.

 

Dikutip BorneoFlash.com dari berbagai sumber, berikut gejala awal ginjal bermasalah yang tidak boleh disepelekan:

 

  1. Nyeri pinggang

Ginjal terletak pada pinggang bagian belakang, tepatnya di sisi tulang belakang bagian bawah punggung.

 

Rasa nyeri tersebut dapat disebabkan oleh sejumlah masalah ginjal, seperti infeksi atau batu ginjal. Rasa nyeri yang muncul mirip seperti ditusuk, dapat terjadi secara terus menerus, dan bisa muncul saat membungkuk atau mengangkat benda berat.

 

  1. Kulit kering dan gatal

Salah satu fungsi utama ginjal adalah menyaring racun dan kotoran dari dalam tubuh. Jika fungsi ini tidak bisa berjalan dengan baik, limbah yang seharusnya dikeluarkan malah menumpuk di dalam darah. Penumpukan racun dan kotoran tersebut dapat memicu munculnya ruam dan gatal di sekujur tubuh.

 

Selain itu, ginjal yang rusak juga tidak dapat menyeimbangkan mineral dan nutrisi dalam tubuh. Hal ini dapat memicu penyakit mineral dan tulang yang bisa membuat kulit menjadi kering dan terasa gatal.

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.