Bisa Tingkatkan Daya Ingat, Berikut 5 Buah-buahan Segar yang Baik untuk Kesehatan Otak

oleh -
Editor: Ardiansyah
Ilustrasi, Buah-buahan Segar yang Baik untuk Kesehatan Otak
Ilustrasi, Buah-buahan Segar yang Baik untuk Kesehatan Otak

BorneoFlash.com, KESEHATAN – Otak menjadi salah satu bagian tubuh yang penting dijaga kesehatannya, Beauties. Menjaga kesehatan otak sama saja dengan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

 

Namun tak dipungkiri, ada banyak masalah kesehatan pada otak, salah satunya adalah daya ingat yang menurun. 

 

Banyak faktor yang membuat daya ingat menurun, salah satunya karena bertambahnya usia yang semakin tua. Hal tersebut terjadi akibat fungsi saraf yang tidak lagi optimal karena aliran darah ke otak berkurang.

 

Sebab itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan otak selagi masih muda. Salah satunya dengan hidup sehat dengan mengatur asupan makanan yang bergizi. 

 

Dikutip BorneoFlash.com dari laman Mayo Clinic, makanan yang mengandung lemak sehat serta berbagai makanan nabati yang kaya fitonutrien baik untuk otak.

 

Fitonutrien sendiri adalah senyawa antioksidan yang ada dalam berbagai tanaman. Yang mana, senyawa ini dapat membantu memperlambat proses penuaan serta mengurangi risiko berbagai penyakit, termasuk penyakit otak.

 

Selain makanan, ada berbagai jenis buah yang baik dikonsumsi untuk kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat. 

 

Mengutip dari berbagai sumber, Berikut 5 Buah-buahan Segar yang Baik untuk Kesehatan Otak:

 

1. Apel

Mengutip dari laman Mosh, Apel memiliki banyak kandungan quercetin di dalamnya. Quercetin sendiri merupakan flavonol yang termasuk ke dalam kelas polifenol flavonoid. Manfaat quercetin adalah membantu melindungi sel-sel pembuluh darah otak dari stres oksidatif.

 

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan, konsumsi apel setiap hari dapat membantu menurunkan risiko Alzheimer dan demensia. 

 

Para peneliti juga menemukan bahwa memasukkan apel ke dalam makanan sehari-hari dapat melindungi sel-sel neuron dari neurotoksisitas akibat stres oksidatif, dan berperan penting dalam mengurangi risiko gangguan neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer.

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.