Ratusan Saksi PKB Paser Ikuti Bimtek Pemahaman tentang Undang-Undang Kepemiluan 

oleh -
Penulis: Joe
Editor: Ardiansyah
Saksi Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Paser mengikuti Bimbingan Teknis di Hotel Kryad Sadurengas, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Minggu (4/2/2024). Foto: BorneoFlash.com/Ist.
Saksi Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Paser mengikuti Bimbingan Teknis di Hotel Kryad Sadurengas, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Minggu (4/2/2024). Foto: BorneoFlash.com/Ist.

BorneoFlash.com, TANA PASER – Ratusan saksi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Paser mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) di Hotel Kryad Sadurengas, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Minggu (4/2/2024). 

 

Bimtek tersebut diberikan oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kabupaten Paser kepada saksi dari sejumlah kecamatan yang sudah ditunjuk di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Kabupaten Paser. 

 

Hadir juga Ketua Bawaslu Paser, Nur Khamid yang menjadi narasumber mekanisme pengawasan dan saksi peserta Pemilu, sebagaimana tema dalam Bimtek tersebut yaitu Pendidikan Politik dan Penguatan Pemahaman Undang-Undang Kepemiluan 2024. 

 

Ketua Lembaga Saksi Pemenangan PKB Kabupaten Paser, Kaharudin Bachtiar menjelaskan pada dasarnya PKB Paser ingin tetap mengulang eksistensinya sebagai partai dengan perolehan suara terbanyak di Paser pada tahun tahun 2019. 

 

“PKB Paser mengadakan bimtek kepada para saksinya di seluruh TPS yang ada di Kabupaten Paser, sebanyak 1866 orang saksi. Bimtek saksi ini juga, sudah terlaksana secara maraton sejak tanggal 22 Januari hingga hari ini,” kata Khairudin. 

 

Sekretaris DPC PKB Paser, Zulfikar Yuliskatin mengatakan bahwa pada Bimtek yang dilakukan ini memang melibatkan unsur penyelenggara Pemilu baik dari Bawaslu dan KPU. 

 

“Keterlibatan penyelenggara ini, untuk memberikan pemahaman mengenai peraturan perundangan-undangan kepemiluan,” ucap Zulfikar. 

 

Selain peraturan kepemiluan, para saksi juga dibekali pemahaman tentang tahapan proses pemungutan dan perhitungan suara. Mulai dari awal waktu pembukaan TPS, hingga melakukan pemantauan terhadap kinerja KPPS. 

 

Jika saat pelaksanaan Pemilu ditemukan adanya pelanggaran oleh petugas KPPS, maka saksi juga akan diberikan formulir laporan ke Bawaslu. 

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.