Kemenag Kota Balikpapan Bangun Gedung Pelayanan Terpadu di Kecamatan Balikpapan Barat

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan, Suharto Baijuri. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.
Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan, Suharto Baijuri. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Kementerian Agama (Kemenag) Kota Balikpapan akan membangun pusat pelayanan haji terpadu di Kota Balikpapan, tepatnya di Kecamatan Balikpapan Barat pada tahun ini.

 

“Insyaallah bulan ini nanti sudah mulai pendirian gedung tersebut. Didalam gedung nanti menjadi pusat terpadu nya, semua pelayanan ada disitu, sehingga memudahkan jamaah untuk proses pendaftaran haji,” jelas Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan, Suharto Baijuri, kepada BorneoFlash.com pada hari Kamis (18/1/2024).

 

Suharto Baijuri mengatakan pembangunan tersebut bersumber dari anggaran Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang diberikan kepada Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan.

 

Gedung ini dibangun tidak dijadikan satu dengan Asrama Haji Embarkasi Balikpapan, karena asrama ini khususnya untuk pelayanan haji seperti manasik haji, keberangkatan dan sebagainya. Oleh karena itu, gedung pelayanan terpadu dibuatlah berbeda. 

 

“Kantor Kementerian Agama miliki SBSN. Kita punya tanah disitu, maka kita olah tanah itu. Kebetulan lokasinya ada di Balikpapan Barat,” terangnya.

 

Pembangunan gedung pelayanan terpadu ini dibangun untuk memudahkan jamaah haji dalam proses kegiatan mendaftar haji, seperti adanya fasilitas bank, kantor imigrasi dan lainnya. Sehingga jamaah haji mengurus keperluan haji di satu tempat saja.

 

Sebenarnya program ini sudah dijalankan Kementerian Agama Republik Indonesia sejak bertahun-tahun lalu, hanya saja di Kota Balikpapan baru tahun ini mendapatkan dana untuk pembangunan gedung pelayanan terpadu. “Nanti gedungnya dua lantai dengan luas tanah sekitar 10×20 meter,” ucapnya.

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.