Cargill Bersama Masyarakat Pasuruan Tanam 5.000 Pohon, Lestarikan Sumber Air di Gunung Arjuna

oleh -
Editor: Ardiansyah
Ceremonial bersama Airlangga Hartarto (Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia) di program penanaman 5.000 pohon bersama Cargill. Foto: HO.
Ceremonial bersama Airlangga Hartarto (Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia) di program penanaman 5.000 pohon bersama Cargill. Foto: HO.

BorneoFlash.com, PASURUAN – Lebih dari 80 relawan yang terdiri dari petani hutan dan karyawan PT Sorini Agro Asia Corporindo, anak perusahaan Cargill, menanam 5.000 bibit pohon di area seluas 8 hektare di mata air Tangkil (Blok Curah Tangkil) yang terletak di Desa Dayurejo, Gunung Arjuna, Pasuruan, Jawa Timur pada Rabu (13/12/2023) lalu. 

 

Kegiatan penanaman pohon ini diselenggarakan oleh Cargill bekerjasama dengan Yayasan Cempaka dan Bumi Baik , serta didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan, Lembaga Pengelola Hutan Desa Loka Jaya Binangun, Cabang Dinas Kehutanan Lumajang-Dishut Provinsi Jawa Timur, Kesatuan Pemangku Hutan Perhutani Kabupaten Pasuruan, dan Pemerintah Desa Dayurejo.

 

Fanny Hosea, Direktur PT Sorini Agro Asia Corporindo, menyatakan bahwa dimanapun Cargil berada, selalu berkomitmen terhadap komunitas setempat  untuk mendorong perubahan positif, termasuk untuk memastikan kelestarian ekosistem dan sumber daya alam yang penting. 

 

“Gunung Arjuna memiliki fungsi penting sebagai daerah resapan air utama di Pasuruan dan sekitarnya untuk lebih dari 40.000 masyarakat sekitar. Bersama dengan masyarakat setempat, kami telah menanam pohon di Gunung Arjuna selama lebih dari 9 tahun. Dengan tambahan penanaman 5.000 bibit pohon, hingga kini kami telah menanam 71.500 pohon di Gunung Arjuna dengan total luaslahan 201 hektare,” kata Fanny.

 

Untuk memastikan fungsi vegetasi yang optimal sebagai media resapan air, spesies pohon dipilih berdasarkan kemampuannya untuk menjaga ekosistem air dan menyimpan air tanah. 

 

Selain itu, hasil hutan juga dapat digunakan lebih lanjut sebagai pendapatan tambahan bagi masyarakat setempat untuk meningkatkan ketahanan ekonomi mereka. 

 

Jenis pohon yang termasuk dalam 5.000 bibit pohon yang ditanam meliputi Bambu, Sintok, Beringin, Gamal, Alpukat, Kopi Arabika, Kayu Manis, Nangka dan Juwet.

Baca Juga :  Tak Kuat Menanjak, Truk Molen Terjun Bebas Timpa Rumah Warga 

 

Terdaftar atas nama PT Sorini Agro Asia Corporindo, Cargill mengakuisisi fasilitas produksi di Pandaan pada tahun 2011, dimana saat ini memproduksi pati jagung dan pemanis untuk bahan baku industri makanan dan minuman dan produk perawatan pribadi. (*)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.