Haul Guru Sekumpul 2024, Jemaah dari Luar Kalimantan Berdatangan, Warga Sekitar Dirikan Posko Bantuan

oleh -
Editor: Ardiansyah
Jemaah Haul ke-19 Guru Sekumpul dari luar Kalimantan, diantaranya dari Kepulauan Riau tiba di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Anggota Posko Relawan Sekumpul Zona 7 siap mengantar menuju Martapura dengan gratis.  Kamis, 11 Januari 2024. Foto: IST/BanjarmasinPost.
Jemaah Haul ke-19 Guru Sekumpul dari luar Kalimantan, diantaranya dari Kepulauan Riau tiba di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Anggota Posko Relawan Sekumpul Zona 7 siap mengantar menuju Martapura dengan gratis.  Kamis, 11 Januari 2024. Foto: IST/Tribun Banjarmasin.

BorneoFlash.com, BANJARMASIN – Haul ke-19 Guru Sekumpul di Martapura. Untuk membantu jemaah yang datang dari luar pulau Kalimantan warga mendirikan Posko Relawan.

 

Dinamakan Posko Relawan Sekumpul Zona 7, yang beranggotakan sekitar 42 orang relawan yang kebanyakan berasal dari warga sekitar kawasan Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Telaga Biru.

 

Salah satu relawan di zona 7, M Noor mengatakan bahwa posko tersebut sudah didirikan oleh warga sekitar sejak Sabtu, 6 Januari 2023 lalu dan akan berlangsung hingga pelaksanaan haul selesai.

 

“Sampai saat ini sudah ada lebih 44 orang jemaah Haul Guru Sekumpul 2024 yang datang dari luar Kalimantan dan diantarkan ke sekumpul,” katanya pada Kamis (11/1/2024) malam, dikutip dari laman Tribun Banjarmasin. 

 

Jemaah berdatangan dari berbagai daerah seperti Demak, Banten, Tangerang, Tasikmalaya, Lamongan, dan Sumenep. Sejak awal didirikannya posko, relawan sudah beberapa jemaah haul yang diantarkan ke Sekumpul.

 

“Hari ini kami juga kedatangan sekitar 77 orang dari Kepulauan Riau,” ucapnya. Meski yang datang cuma dua orang, pasti langsung kita antarkan ke daerah Sekumpul,” katanya.

 

Para jemaah langsung diantarkan ke tempat penginapan gratis yang sudah disiapkan oleh panitia, agar tidak ada jemaah yang terlantar.

 

Kemudian salah satu jemaah dari Kepulauan Riau, Misnur (48) mengatakan bahwa ini adalah pertama kalinya ia datang ke Banjarmasin untuk menghadiri acara haul ulama besar yang ada di Kalimantan Selatan. 

 

“Kami rombongan. Ada 70 orang lebih. Dari Tembilahan, Jambi. Semuanya dari Kepulauan Riau,” katanya. 

 

Ia berharap kedatangannya beserta rombongan dapat menambah berkah untuk Kalimantan Selatan, serta para jemaah yang hadir di haul Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani atau Guru Sekumpul yang ke-19 tersebut.

Baca Juga :  Feri Penyeberangan Rute Tebas-Tekarang Karam di Sungai Sambas, Pontianak

 

 

Sumber: BanjarmasinPost/Rifki S

banner 700x135