Sisi Gelap Dunia Virtual, Telah Terjadi Perkosaan Virtual di Metaverse – Butuh Aturan Hukum Baru

oleh -
Editor: Ardiansyah
Headset VR menjadi hadiah populer di Inggris pada musim liburan akhir tahun 2023, Dunia Metaverse menjual kesempatan untuk menjalani kehidupan fantasi digital. Foto: IST/idsb/tmgrup.
Headset VR menjadi hadiah populer di Inggris pada musim liburan akhir tahun 2023, Dunia Metaverse menjual kesempatan untuk menjalani kehidupan fantasi digital. Foto: IST/idsb/tmgrup.

Ada sejumlah serangan seksual yang dilaporkan di Horizon Worlds, sebuah game VR gratis yang dijalankan oleh pemilik Facebook, Meta.

 

Ketua Association of Police and Crime Commissioners Asosiasi Polisi Donna Jones mengatakan bahwa perempuan dan anak-anak berhak mendapatkan perlindungan yang lebih besar.

 

“Kita perlu memperbarui undang-undang kita karena mereka belum bisa mengimbangi risiko bahaya yang berkembang dari kecerdasan buatan dan pelanggaran terhadap hukum pada platform seperti Metaverse,” katanya.

 

“Pemerintah perlu mempertimbangkan perubahan undang-undang untuk melindungi perempuan dan anak-anak dari bahaya di lingkungan virtual ini,” katanya.

 

Seorang petugas polisi senior lainnya mengatakan bahwa pelanggaran seksual di Metaverse saat ini merajalela. Namun sejauh ini belum ada penuntutan di Inggris atas pelanggaran tersebut, meskipun polisi menerima laporan potensi pelanggaran lainnya.

 

Polisi yakin perkembangan game telah membuka jalan baru bagi kejahatan dunia maya, termasuk perampokan virtual, ransomware, penipuan, dan pencurian identitas.

 

Namun undang-undang saat ini belum mencakup pemerkosaan di Metaverse karena kekerasan seksual didefinisikan dalam Undang-Undang Pelanggaran Seksual sebagai sentuhan fisik terhadap orang lain secara seksual tanpa persetujuan mereka.

 

Sifat Metaverse juga mengaburkan batas geografis, sehingga sulit untuk menentukan lembaga penegak hukum mana yang memiliki yurisdiksi atas insiden tertentu ketika pengguna dan pelaku berada di negara berbeda.

 

“Disahkannya UU Keamanan Online sangat penting dalam hal ini, dan kita harus melihat lebih banyak tindakan dari perusahaan teknologi untuk berbuat lebih banyak demi menjadikan platform mereka aman,” ucap Critchley menambahkan.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.