Miliki Kandungan Nutrisi Tinggi dan Banyak Manfaat, Sorgum Berpotensi Sebagai Pengganti Beras

oleh -
Editor: Ardiansyah
Tumbuhan berbentuk bulat, ukuran kecil, dan warna agak kecoklatan. Sorgum dapat digunakan sebagai pengganti gandum.
Tumbuhan berbentuk bulat, ukuran kecil, dan warna agak kecoklatan. Sorgum dapat digunakan sebagai pengganti gandum.

BorneoFlash.com – Sorgum adalah tanaman serealia yang berasal dari Afrika Timur. Tanaman ini populer sebagai sumber pangan alternatif di Indonesia dan daerah tropis lainnya.

 

Kemudian, tumbuhan ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan berpotensi sebagai pengganti beras.

 

Tumbuhan berbentuk bulat, ukuran kecil, dan warna agak kecoklatan. Tanaman ini dapat digunakan sebagai pengganti gandum. 

 

Tingginya menjulang dengan buah kecil yang terkumpul di ujung batangnya di ladang. Tumbuhan ini memiliki toleransi yang tinggi terhadap kekeringan dan merupakan pilihan yang cocok untuk pertumbuhan di daerah tropis.

 

Kandungan Sorgum

Dilansir BorneoFlash.com dari laman Fakultas Pertanian UMSU, Sorgum memiliki kandungan protein, serat, kalsium, fosfor, dan zat besi yang lebih tinggi daripada beras, serta kandungan lemak dan gula yang lebih rendah.

 

Dalam 100 gram sorgum mentah terdapat sekitar 330 kalori dan nutrisi penting lainnya, seperti:

– Protein: 11 gram

– Lemak: 3 gram

– Karbohidrat: 72 gram

– Serat: 7 gram

 

Selain itu, juga kaya akan zat besi, magnesium, fosfor, kalium, selenium, zinc, vitamin B1 (tiamin), dan piridoksin (vitamin B6). Biji-bijian ini juga mengandung senyawa tanin, fenolik, dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan.

 

Keunggulan Tanaman Sorgum

  1. Sorgum memiliki kemampuan adaptasi yang luas terhadap berbagai kondisi lingkungan. Tanaman ini dapat tumbuh baik dalam kondisi banjir maupun kekeringan, sehingga sangat cocok untuk ditanam di daerah dengan kondisi tanah yang tidak stabil.
  1. Kekuatan tanaman untuk bertahan dalam kondisi banjir dan kekeringan membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk ditanam di daerah dengan iklim ekstrem. Hal ini memungkinkan petani untuk tetap mendapatkan hasil panen yang baik meskipun menghadapi kondisi cuaca yang tidak stabil.
  1. Tanaman ini dapat ditanam secara berulang-ulang dalam satu musim tanam. Kemampuan ini memungkinkan petani untuk memperoleh hasil panen yang lebih banyak dalam waktu yang relatif singkat.
  1. Tanaman ini mampu memanfaatkan sumber daya yang ada dengan efisien, sehingga dapat memberikan hasil yang baik meskipun ditanam di lahan yang tidak optimal.
Baca Juga :  Irjen Fadil Imran Terima Telepon Saat Jokowi Beri Arahan, Berikut Penjelasan Istana  
Sorgum adalah tanaman serealia yang berasal dari Afrika Timur.
Sorgum adalah tanaman serealia yang berasal dari Afrika Timur.

Manfaat Sorgum Untuk Kesehatan

Sorgum juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan manusia. Berikut adalah beberapa manfaatnya yaitu:

 

  1. Kaya akan serat

Sorgum mengandung serat yang lebih tinggi daripada beras dan gandum. Serat ini berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan dan membantu mengikis kolesterol berbahaya (LDL), sehingga dapat menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke.

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.