Aruna Rayakan Hari Jadi ke 71 Tanjung Batu, Ini Budaya Masyarakat Pesisir

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Aruna Rayakan Hari Jadi Tanjung Batu yang ke 71 mengadakan kegiatan “Mag'Lami-Lami Lahatku Kampung Tanjung Batu”. Foto: BorneoFlash.com/Ist.
Aruna Rayakan Hari Jadi Tanjung Batu yang ke 71 mengadakan kegiatan “Mag'Lami-Lami Lahatku Kampung Tanjung Batu”. Foto: BorneoFlash.com/Ist.

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Dalam rangka merayakan Hari Jadi ke 71 Tanjung Batu, pada hari Senin (4/12/2023), rasanya tidak afdol jika belum membahas kebiasaan baik yang masyarakat pesisir di sana biasa lakukan. 

 

Selain edukasi tentang teknologi dan keberlanjutan ekosistem kelautan, Aruna juga fokus pada program edukasi finansial literasi. Tak disangka, program ini kemudian disambut baik oleh masyarakat pesisir di Tanjung Batu, Kalimantan Timur.

 

Sejak bulan Agustus 2021 lalu, para nelayan dan ibu picker di daerah tersebut sudah secara rutin dan mandiri melaksanakan program menabung bersama. 

 

Yanuardi Septian, Community Development di area Kalimantan Timur mengatakan, kebetulan masyarakat di sini sudah lebih dulu melihat sejumlah kejadian yang mau tak mau memaksa, untuk memiliki dana darurat, seperti mesin kapal dan alat tangkap yang memerlukan perbaikan, kebutuhan rumah tangga, pengobatan karena sakit atau kecelakaan kerja.

 

“Mereka bilang, kalau tak ada dana darurat, bisa payah nanti, tidak tahu lagi harus mengandalkan siapa,” ucapnya.

 

Yanuardi menambahkan, uang tabungan disetorkan menggunakan uang tunai yang kemudian nanti akan disimpan di akun bank milik koperasi Aruna. “Pak Moko, Nelayan Aruna 001, adalah bendaharanya yang bertugas untuk mengumpulkan seluruh uang tabungan yang diterima. Setelah menerima uangnya, Pak Moko akan melakukan validasi ulang terkait jumlah setoran setiap anggota ke WA grup. Apakah sudah sesuai dengan setoran mereka dan catatan di buku besar?,” paparnya.

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.